Unila mewisuda 1.473 mahasiswa pada Periode I 2023/2024

id Unila,Mahasiswa,Wisuda Unila

Unila mewisuda 1.473 mahasiswa pada Periode I 2023/2024

Prosesi wisudawan mahasiswa Unila di gedung serba guna (GSG). Bandarlampung, Jumat, (15/9/2023). (ANTARA/HO-Humas Unila)

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) mewisuda sebanyak 1.473 mahasiswa pada periode I tahun akademik 2023/2024. 

Jumlah lulusan yang diwisuda pada periode I tahun akademik 2023/2024 sebanyak 1.473 orang. Yang terdiri atas 16 orang doktor, 142 magister, 140 orang profesi, 1080 orang sarjana, 95 program diploma. Sementara lulusan yang diwisuda pada, Jumat 15 September 2023 sebanyak 713 orang dengan rincian 16 doktor, 142 orang magister 552 sarjana dan 3 orang diploma.

Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, di Bandarlampung, Jumat, mengatakan 
Seiring dengan perubahan status para mahasiswa, berubah pula tanggung jawabnya.

"Ketika menjadi mahasiswa, saudara memikul tanggung jawab akademik. Mulai sekarang, tanggung jawab sosial melekat di pundak saudara," kata dia.

Rektor mengatakan bahwa saat ini para lulusan Unila memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar, sehingga apabila iptek yang dikuasai tidak dimanifestasikan ke dalam tindakan sosial, maka nilai dari iptek tersebut menjadi luntur. 

"Iptek adalah kekuatan intelektual manusia, kekuatan luhur yang diraih oleh manusia. Kekuatan ini akan menjadi bernilai tinggi, bila digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemaslahatan umat manusia," kata dia.

Menurutnya, sebagai lulusan Unila, para wisudawan patut berbangga karena kampus ini telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik, diantaranya Juara 1 Putri Hijabfluencer Lampung 2023; Medali Emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023; Juara 1 Hapkido di Kualifikasi PON Aceh-Sumatera Utara XXI.

Kemudian, Juara 1 Poster dalam Lomba Seni Sastra Indonesia oleh Penerbit Aksara Pilar Nusantara; dan Juara 1 Fotografi dalam Lomba Seni Sastra Indonesia oleh Penerbit Aksara Pilar Nusantara.

"Perlu kami laporkan, bahwa kami selalu memperbaiki berbagai hal penting, diantaranya relevansi kurikulum pendidikan dengan pasar kerja dan penguatan pendidikan karakter, manajemen internal, birokrasi, suasana pendidikan dan keilmuan di setiap program studi," katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini Unila sedang melaksanakan beberapa program untuk mewujudkan cita-cita universitas World Class University (WCU) dan terus melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan sejumlah program studi agar Terakreditasi Internasional, 1400 besar Dunia, dari 26 PTN yang terakreditasi QS World Universitas Lampung urutan ke 25.

"Kami juga terus mengupayakan penerapan secara konsisten program MBKM dengan mendorong para mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kompetensinya sesuai kebutuhan dan minat setiap mahasiswa. Keberhasilan mahasiswa dan lulusan inilah yang di harapkan menjadi tujuan akhir dari 8 IKU PTN, bentuk transformasi perguruan tinggi ke arah yang lebih baik,"  kata dia.