Polres Pesisir Barat gelar latihan pra Operasi Zebra Krakatau 2023

id Polres Pesisir Barat,Gelar pra Operasi zebra,Pesisir Barat Lampung

Polres Pesisir Barat gelar latihan pra Operasi Zebra Krakatau 2023

Suasana saat Polres Pesisir Barat beserta jajaran melakukan latihan Pra Operasi Zebra Krakatau 2023. ANTARA/Riadi Gunawan

Tujuan Operasi Zebra Krakatau 2023 adalah tercapainya penurunan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas....
Pesisir Barat (ANTARA) - Polres Pesisir Barat, Polda Lampung melaksanakan latihan pra Operasi Zebra Krakatau 2023 untuk menyamakan persepsi dalam bertindak serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel dalam menekan tindak kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut.

Kabag Ops Polres Pesisir Barat AKP Abdul Rasyid, di Krui, Jumat, mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakan latihan pra Operasi Zebra Krakatau 2023 yaitu agar personel mengetahui tugas pokok, tujuan, sasaran serta cara bertindak dalam pelaksanaan Operasi Zebra tersebut.

"Kemudian untuk mempersiapkan personel, sarana dan prasarana lainnya agar dalam pelaksanaan Operasi Zebra dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan," kata AKP Abdul Rasyid.

Ia menjelaskan, tujuan Operasi Zebra Krakatau 2023 adalah tercapainya penurunan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas (laka lantas), menurunnya fatalitas korban laka lantas, dan upaya meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Dalam Operasi Zebra fungsi yang dikedepankan yaitu lalu lintas, jenis operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung dengan penegakan hukum elektronik atau teguran simpatik," kata dia.

Kemudian, kata dia lagi, dalam rangka meningkatkan simpatik masyarakat terhadap Polri, sasaran prioritas dalam Operasi Zebra ini ada 7 prioritas pelanggaran.

"Yaitu menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi yang masih di bawah umur, sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman (safety belt), berkendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus dan melebihi batas kecepatan," ujarnya pula.

Operasi Zebra ini akan dimulai tanggal 4 September 2023 sampai dengan tanggal 17 September 2023, operasi ini menyeluruh di jajaran Polda Lampung.

"Untuk itu, kami Polres Pesisir Barat mengimbau bagi seluruh pengguna jalan baik pengguna R2 dan R4 untuk tertib berlalu lintas, selalu bawa surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan, sehingga bisa meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan dalam berlalu lintas," katanya pula.
Baca juga: Polres Pesisir Barat salurkan bantuan ke Ponpes Nidaul Islam
Baca juga: Polres Pesisir Barat limpahkan berkas perkara pencabulan ke kejari