Perubahan status BLU diharapkan jadi lompatan Itera wujudkan cita-cita besar

id lampung, itera, kampus,perguruan tinggi, universitas

Perubahan status BLU diharapkan jadi lompatan Itera wujudkan cita-cita besar

Perubahan status BLU diharapkan jadi lompatan Itera wujudkan cita-cita besar. ANTARA/HO-Itera

Dengan funding yang kuat kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan, pelayanan, hingga kesejahteraan pegawai.

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) berkomitmen mempercepat peralihan status dari Satuan Kerja (Satker) menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

Hal tersebut disampaikan Rektor Itera Prof I Nyoman Pugeg Aryantha dalam Focus Group Discussion Sinkronisasi Data dan Penyampaian Perkembangan Pengajuan Itera BLU, di Aula Gedung Kuliah Umum, Selasa (20/6).

Rektor menyebut, peralihan status dari Satker menjadi BLU akan menjadi lompatan mewujudkan cita-cita besar Itera. Hal ini juga didorong program pemerintah yang mendorong percepatan status Satker menjadi BLU untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Pimpinan terdahulu sudah mengusulkan, dan saat ini kami tinggal menindaklanjuti apa yang menjadi kekurangan, sehingga kesempatan ini jadi kesempatan baik untuk saling memberikan masukan,” ujar Rektor.

Rektor menyebut, dengan modal status BLU, Itera bisa berlari lebih cepat, sehingga cita-cita besar dapat segera tercapai. Karena dengan status BLU, Itera memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran. Hal tersebut tentunya realistis, di era dimana pendanaan (funding) merupakan faktor utama yang sangat signifikan menentukan keberhasilan dalam menjalankan program dan proses tata kelola pendidikan yang berkualitas.  
“Dengan funding yang kuat kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan, pelayanan, hingga kesejahteraan pegawai,” ujar Rektor.

Status BLU juga diharapkan mendorong Itera lebih kreatif mencari sumber pendanaan, dan dalam merealisasikan program. Untuk itu, Rektor meminta seluruh sivitas akademika Itera bersama-sama niatkan dengan sungguh-sungguh.

“Kita perlu pertahankan semangat, bersama kita maju mendapatkan status BLU. Saya sangat optimis, Insya Allah Tuhan Yang Maha Esa, memberikan kemudahan. Mari dengan tulus dan ikhlas memberikan masukan positif,” ujar Rektor.

Sementara itu, Ketua BLU Itera M Bobby Rahman, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan progres tim BLU yang selama ini telah mengumpulkan data-data pendukung pengajuan alih status Itera menuju BLU. Sehingga dalam kesempatan tersebut, penting bagi tim BLU untuk berdiskusi dengan seluruh unit kerja yang ada di Itera.

Bobby kembali menyampaikan, kewajiban suatu lembaga yang berstatus BLU di antaranya memiliki rencana bisnis lima tahunan hingga memiliki SOP pelayanan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Itera sebagai kampus yang belum genap sepuluh tahun berdiri, dengan sumber daya manusia yang tergolong muda-muda.

“Sehingga penting bagi Itera memiliki keseluruhan SOP dalam setiap pelayanan, untuk kemudian disahkan, dan dijalankan,” ujar Bobby.

Selain itu, Bobby juga membahas seputar penentuan tarif layanan, yang nantinya akan diterapkan ketika berstatus BLU, skema remunerasi atau tunjangan kesejahteraan, menyusun laporan keuangan, hingga melibatkan akuntan publik untuk melakukan audit.

“BLU bukan pilihan tapi keniscayaan. Karena dengan BLU Itera akan lebih profesional dalam pelayanan publik,” ujar Bobby.

Bobby juga menekankan, jika dalam status Satker Itera fokus pada penyerapan anggaran, tetapi ketika beralih menjadi BLU, Itera dituntut lebih menghitung seberapa besar kualitas layanan dari anggaran yang dimiliki sebelum akhirnya dikeluarkan. Semua harus memiliki hitungan dan manfaat dari anggaran yang dimiliki.
Baca juga: Tim Kukang EV Itera Siap Debut di kompetisi mobil hemat energi Shell Eco-marathon Asia 2023 di Mandalika
Baca juga: Kunjungi Itera, PT Fermentech Indonesia jajaki kerja sama riset hingga rekrutmen lulusan