Rektor Itera lepas 379 peserta KKN-PPM ke 47 desa di Kabupaten Pesisir Barat

id lampung, kampus, perguruan tinggi, universitas

Rektor Itera lepas 379 peserta KKN-PPM ke 47 desa di Kabupaten Pesisir Barat

Rektor Itera lepas 379 peserta KKN-PPM ke 47 desa di Kabupaten Pesisir Barat (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, resmi melepas 379 mahasiswa Itera dan Universitas Bengkulu, yang akan menjalankan program Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) periode ke-11, di Pelataran Gedung Kuliah Umum 1 Itera, Senin, (5/6).

Jumlah peserta KKN tersebut terdiri dari 370 mahasiswa Itera dari berbagai program studi dan jurusan, serta 9 mahasiswa Universitas Bengkulu (Unib) sebagai peserta KKN Bilateral kerjasama Itera dan Universitas Bengkulu.

Para peserta KKN-PPM akan mengabdikan diri di 47 desa yang tersebar di empat kecamatan yaitu Way Krui, Pesisir Utara, Karya Penggawa, dan Lemong, di Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung, selama 5 Juni – 10 Juli 2023.

Kegiatan pelepasan turut dihadiri Rektor Universitas Bengkulu, yang diwakili Kepala LPPM Unib, Dr. Hery Suhartoyo, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera Prof. Khairurrijal, Kepala LPPM Itera Prof. Yahdi Zaim, Kepala Biro Perencanaan, Umum, dan Akademik Sri Sulistiwati, para ketua jurusan, dan dosen pembimbing lapangan.

Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha menekankan pelaksanaan KKN menjadi kesempatan mahasiswa secara langsung mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan selama kuliah, kepada masyarakat.

Selain itu, di sisi lain, ketika terjun ke masyarakat, mahasiswa juga diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk membangun masyarakat desa, menularkan nilai-nilai baik yang selama ini didapat di kampus.

“Ini menjadi peluang emas adik-adik di tengah era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Momentum yang sangat baik untuk mendengar lebih banyak dari masyarakat, menerima informasi, dan berinteraksi langsung. Mudah-mudahan dapat meningkatkan pengetahuan semuanya,” ujar Rektor.

Jumlah peserta KKN tersebut terdiri dari 370 mahasiswa Itera dari berbagai program studi dan jurusan, serta 9 mahasiswa Universitas Bengkulu (Unib) sebagai peserta KKN Bilateral kerjasama Itera dan Universitas Bengkulu.

Rektor juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kolaborasi Itera dan Unib dalam KKN-Bilateral yang memberikan kesempatan mahasiswa Itera dan Unib saling bertukar pengalaman mengikuti program KKN di masing-masing kampus. Program tersebut juga menjadi implementasi kegiatan Kampus Merdeka.

“Ini menjadi wujud nyata kebersamaan Itera dan Unib untuk bergandengan tangan, membangun, dan mempersiapkan generasi emas Indonesia. Semoga memberikan inspirasi untuk kampus lain di Indonesia,” ujar Rektor.

Sementara itu, Kepala LPPM Unib, Dr. Hery Suhartoyo, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program KKN bersama Itera dan Unib. Dr. Hery berharap, mahasiswa akan saling mengenal, dan mendapatkan pembelajaran langsung selama menjalani program KKN bersama.

Kepala LPPM Itera Prof. Yahdi Zaim, dalam pelepasan tersebut juga memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa peserta KKN untuk tetap menjaga nama baik almamater, serta menyumbangkan gagasan, inovasi dan kreativitas yang dimiliki untuk membangun desa-desa yang akan menjadi lokasi pelaksanaan KKN.