Jelang perkuliahan semester genap, Itera adakan FGD bersama seluruh dosen

id lampung, itera,perguruan tinggi, kampus, universitas

Jelang perkuliahan semester genap, Itera adakan FGD bersama seluruh dosen

Jelang perkuliahan semester genap Itera adakan FGD bersama seluruh dosen. ANTARA/HO-Itera

Mahasiswa harus menerima pendidikan terbaik dari pelayanan akademik maupun non akademik yang dilaksanakan di Itera.

Bandarlampung (ANTARA) - Mengawali pergantian tahun, Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) membahas Perkuliahan Awal Semester Genap Tahun Akademik Tahun 2022/2023.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Gedung Kuliah Umum Kampus Itera tersebut dihadiri oleh jajaran pimpinan serta seluruh dosen di Itera, beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, Rektor Itera Prof I Nyoman Pugeg Aryantha mengingatkan bahwa teknologi kecerdasan buatan saat ini sudah dapat mengintervensi kebutuhan manusia.

Oleh sebab itu I Nyoman mengingatkan penting bagi dosen untuk meningkatkan kompetensinya dalam mendidik mahasiswa. Rektor juga berharap, dosen Itera menargetkan untuk menjadi guru besar di bawah umur 45 tahun guna meningkatkan mutu pendidikan di Itera.

“Harapannya ke depan dosen Itera dapat menjadi guru besar di bawah umur 45 tahun, sesuai program yang sebelumnya sudah Itera buat,” kata I Nyoman.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera Prof Khairurrijal memaparkan materi seputar Edukasi 4.0 terkait pentingnya konten pembelajaran yang meliputi keterampilan kewarganegaraan global, inovasi, kreativitas, teknologi, dan interpersonal yang diberikan kepada mahasiswa.

Lebih lanjut Khairurrijal mengatakan bahwa mahasiswa harus menerima pendidikan terbaik dari pelayanan akademik maupun non akademik.

“Mahasiswa harus menerima pendidikan terbaik dari pelayanan akademik maupun non akademik yang dilaksanakan di Itera,“ kata Khairurrijal.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Itera Dr Rahayu Sulistyorini membahas pentingnya dosen dalam memahami administrasi dalam menunjang karier.

Terkait Kebijakan Penilaian Angka Kredit (PAK), Rahayu menuturkan bahwa karya ilmiah sangat dibutuhkan dalam pemenuhan persyaratan khusus untuk usulan jabatan fungsional yang meliputi relevansi terhadap substansi karya ilmiah, kesesuaian lingkup area jurnal, dan kepastian tidak ada pelanggaran integritas akademik.

“Karya ilmiah sangat dibutuhkan dalam pemenuhan persyaratan khusus untuk usulan jabatan fungsional yang diharapkan dioptimalkan oleh seluruh dosen Itera,” ujar Rahayu.

Pada sesi diskusi juga turut dibahas dinamika pendidikan pasca COVID-19 dan pendidikan digital. Dalam hal tersebut, Pimpinan Itera berharap seluruh sivitas akademika dapat membangun keterampilan digital untuk mengemas pembelajaran, mengingat arah perkembangan pendidikan yang menuju ke sana.
Baca juga: Tim Prodi TIP Itera latih warga manfaatkan limbah pertanian jadi biogas
Baca juga: Dosen Farmasi Itera kenalkan produk antioksidan alami teh rambut jagung