PLN UID Lampung tambah dua SPKLU di JTTS

id Lampubg,PLN,Bandarlampung,Lstrik,Tahun baru

PLN UID Lampung tambah dua SPKLU di JTTS

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah dua titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada ruas Tol Trans Sumatera di Provinsi Lampung menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Lampung, Kamis, (22/12/2022). (ANTARA/HO-PLN Lampung)

Bandarlampung (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah dua titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada ruas Tol Trans Sumatera di Provinsi Lampung menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Penambahan SPKLU dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik saat Natal dan Tahun Baru yang menggunakan kendaraan listrik yang melintasi ruas tol tersebut," kata General Manager PLN UID Lampung I Gede Agung Sindu Putra, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa penambahan dua titik SPKLU di JTTS ini juga sebagai bentuk komitmen PLN dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. 

"Saat ini PLN sedang dalam periode Siaga Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sehingga penambahan dua titik SPKLU dapat menambah kenyamanan bagi pengguna kendaraan listrik baik yang melintas atau yang akan masuk ke Provinsi Lampung," tambahnya.

Dia menyebutkan, dua titik SPKLU itu berada di Rest Area Tol Trans Sumatera Km 163A yang mengarah ke Pulau Sumatera dan 172 B yang mengarah ke Bakauheni, Lampung Selatan.

"Jadi, sekarang telah terdapat lima SPKLU yang beroperasi di Provinsi Lampung, sehingga pengguna kendaraan listrik pasti akan lebih nyaman" kaya dia.

Pada tahun 2021 PLN UID Lampung juga telah mengoperasikan tiga titik SPKLU di provinsi ini yang berada pada Rest Area Tol Trans Sumatera Km 20B, Rest Area Tol Trans Sumatera Km 49A dan Els Coffee Roastery Jalan Sukarno Hatta Bandarlampung.

Ia mengatakan bahwa SPKLU sudah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik akan lebih merasa nyaman, mudah dan praktis dalam pengisian daya baterai kendaraan listriknya. 

"Selain itu, pengguna kendaraan listrik juga mendapat kemudahan dalam mencari lokasi SPKLU yang terdekat dengan PLN Mobile. Intinya mudah sekali menggunakan PLN Mobile,” katanya.

Terkait biaya pengisian baterai yang dilakukan di SPKLU PLN, dia menyebutkan bahwa sekitar  Rp2.466 per Kilowatt Hour (kWH). 

"Namun, jika melakukan pengisian baterai di rumah akan dikenakan biaya sesuai tarif daya kontrak, misalnya pada tarif rumah tangga daya 3500VA ke atas, maka biaya pengisian daya baterai sebesar Rp1.699 per kWH," kata dia.