KKP Panjang dan swasta layani vaksinasi meningitis

id vaksinasi meningitis lampung,vaksin meningitis,syarat perjalanan umrah

KKP Panjang dan swasta layani vaksinasi meningitis

Arsip Foto. Petugas KKP Panjang melayani warga yang hendak menjalani vaksinasi meningitis. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, bermitra dengan fasilitas pelayanan kesehatan swasta dalam menyediakan pelayanan vaksinasi meningitis meningokokus.

"Kami juga menjalin kerja sama dengan fasyankes swasta yang ada di beberapa daerah. Fasyankes itu nanti bisa melayani masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi meningitis," kata Kepala KKP Kelas II Panjang Marjunet Danoe di Bandar Lampung, Sabtu.

Menurut dia, sepuluh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyenkes) yang tersebar di Kota Bandar Lampung serta Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Tengah telah bermitra dengan KKP Kelas II Panjang dalam penyediaan layanan vaksinasi meningitis.

Mengenai ketersediaan vaksin meningitis, Marjunet mengatakan bahwa KKP Kelas II Panjang sudah mengajukan permintaan tambahan pasokan ke Kementerian Kesehatan melalui Pemerintah Provinsi Lampung.

"Mudah-mudahan pertengahan Oktober sudah ada tambahan vaksin," katanya.

"Pekan kedua atau paling lambat ketiga Oktober ini mudah-mudahan untuk wilayah distribusi Lampung bisa didistribusikan vaksin ke fasyankes swasta," ia menambahkan.

Dia mengemukakan bahwa permintaan pelayanan vaksinasi meningitis di Provinsi Lampung cukup tinggi.

Menurut dia, dalam kondisi normal setiap bulan ada 1.500 sampai 2.000 orang yang melakukan vaksinasi meningitis untuk menunaikan ibadah umrah dan saat ini pengguna layanan meningkat menjadi sekitar 200 orang per hari.

"Masyarakat diimbau dan diminta bersabar... Akan diusahakan agar terus bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi meningitis," katanya.