HK: Dibutuhkan Rp140 triliun untuk selesaikan JTTS sampai Medan

id hutama karya,tol trans sumatera,investasi jalan tol,jalan tol medan,rapat dengar pendapat komisi XI dpr,kementerian pupr,Antara Lampung, Lampung Tenga

HK: Dibutuhkan Rp140 triliun untuk selesaikan JTTS sampai Medan

Jalan tol Sumatera untuk Palembang- Lampung (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT HK Budi Harto memperkirakan dibutuhkan Rp140 triliun untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra sampai ke Medan, Sumut.

Ruas jalan tol dari Jambi sampai Pekanbaru dengan panjang sekitar 350 kilometer akan membutuhkan biaya hingga Rp100 triliun.

“Dari Pekanbaru ke Dumai sudah beroperasi. Dari Dumai ke Kisaran, ini belum dibangun tapi kira-kira memerlukan biaya sekitar Rp35 triliun, jadi untuk menyelesaikan sampai tembus ke Medan, di luar yang sudah kami rencanakan dengan PMN 2023, itu diperlukan Rp140 triliun,” katanya di Jakarta,Senin.

Sementara itu HK sudah hampir menyelesaikan beberapa ruas Tol Trans Sumatra lain, seperti ruas Tol Bakaehuni sampai Betung.

Hutama Karya juga sedang menyiapkan pembuatan kontrak bersama Kementerian Perumahan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) untuk mulai membangun ruas Tol Betung sampai Jambi sepanjang sekitar 200 kilometer dengan nilai investasi sekitar Rp30 triliun.

Adapun untuk membangun Jalan Tol Trans Sumatra, Hutama Karya memiliki utang senilai Rp42 triliun yang awalnya akan ditekan dengan pengajuan Penyertaan Modal Nasional (PMN) operasional.

Namun kemudian, Indonesia Investment Authority (INA) mengatakan akan membeli tiga ruas tol Hutama Karya senilai Rp34 triliun yang dananya akan digunakan untuk membayar utang.