Film "Ngeri-Ngeri Sedap" wakili Indonesia di Oscar

id Ngeri ngeri sedap,Oscar,Piala oscar,Academy awards 2023

Film "Ngeri-Ngeri Sedap" wakili Indonesia di Oscar

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 untuk Academy Awards 2023 (ANTARA/Ho/dok.Pri)

Jakarta (ANTARA) - Film "Ngeri-Ngeri Sedap" terpilih mewakili Indonesia mengikuti kompetisi Academy Awards ke-95 untuk kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award).

Setiap tahun Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi dialog non-inggris.

Indonesia sendiri telah mengikuti ajang Academy Awards untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987. Film "Nagabonar" yang disutradarai MT Risyaf dengan pemain utama Deddy Mizwar dan Nurul Arifin ini menjadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Academy Awards.

"Ngeri - Ngeri Sedap" adalah film kedua bergenre komedi dari Indonesia yang dipilih Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 untuk Academy Awards yang berlangsung pada 12 Maret 2023.

"Ngeri-Ngeri Sedap" disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk. Kisahnya berlatar belakang kehidupan keluarga suku Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern.

Film ini dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel. "Ngeri-Ngeri Sedap" mendapat lebih dari 3 juta penonton.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: "Ngeri-Ngeri Sedap" wakili Indonesia di Oscar