Presiden Sri Lanka lengser, digantikan sementara oleh PM

id Gotabaya Rajapaksa,Sri Lanka

Presiden Sri Lanka lengser, digantikan sementara oleh PM

Orang-orang menari saat merayakan pengunduran diri Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa di Kolombo, Sri Lanka, Kamis (14/7/2022). Rajapaksa mengundurkan diri dari jabatannya dan kabur ke Singapura di tengah krisis ekonomi yang melanda Sri Lanka. ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/rwa.

Kolombo (ANTARA) - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa resmi lengser setelah parlemen menerima surat pengunduran dirinya pada Jumat, setelah dia melarikan diri ke Singapura untuk menghindari pemberontakan rakyat yang dipicu krisis ekonomi terburuk dalam tujuh dekade.

Sampai parlemen memilih presiden baru pada Rabu (20/7) mendatang, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe akan menjadi presiden sementara Sri Lanka meskipun pengunjuk rasa juga menuntut dia mundur dari pemerintahan.

"Dari titik ini, kami akan bergerak untuk menunjuk presiden baru secara konstitusional," kata anggota parlemen Mahinda Yapa Abeywardena kepada wartawan, setelah menerima surat pengunduran diri Rajapaksa malam sebelumnya.

"Itu akan terjadi dengan cepat dan sukses. Saya meminta semua orang untuk mendukung proses ini," kata Abeywardena melanjutkan.



"

Sumber: Reuters

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Sri Lanka lengser, digantikan sementara perdana menteri