Tiga kapal RoRo disiagakan di Pelabuhan Indah Kiat

id menteri perhubungan

Tiga kapal RoRo disiagakan di Pelabuhan Indah Kiat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat memantau arus mudik di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten pada Sabtu, (30/4/2022). ANTARA/Achmad Irfan

Di Pelabuhan Indah Kiat akan disiapkan tiga kapal RoRo besar dengan rute ke Pelabuhan Panjang, Lampung," kata Menhub
Merak (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan tiga kapal RoRo (roll-on/roll-off) besar disiagakan di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten.

"Di Pelabuhan Indah Kiat akan disiapkan tiga kapal RoRo besar dengan rute ke Pelabuhan Panjang, Lampung," Kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Merak, Banten, Sabtu.

Menhub menyatakan untuk truk-truk diarahkan ke Pelabuhan Indah Kiat. Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa mengangkut sekitar 200 kendaraan.

Menhub mengungkapkan terjadinya kepadatan kendaran yang akan masuk ke kapal pada 25 April 2022 lalu, disebabkan karena adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih agak lama.

“Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada, sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyatakan dengan dibukanya Pelabuhan Indah Kiat untuk kendaraan logistik, maka arus mudik bisa dilayani delapan dermaga. Sebagai tambahan dari tujuh dermaga pelabuhan penyeberangan ASDP Merak yang terdiri dari 1satudermaga eksekutif dan enam  dermaga reguler.

Kapolda juga menambahkan pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat untuk melayani kendaraan logistik, tekanan arus mudik melalui Pelabuhan Penyeberangan ASDP Merak pun akan berkurang.

"Kita akan terus melakukan berbagai upaya agar arus mudik lancar," tegas Kapolda.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menuturkan Pelabuhan Indah Kiat merupakan salah satu anak usaha APP Sinar Mas.

Saat ini Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon difungsikan untuk pelabuhan alternatif bagi kendaraan logistik dan pemudik untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak saat arus mudik Lebaran 1443 Hijriah.

"Kita mendukung arahan pemerintah untuk membantu mengurai kemacetan dan kepadatan di Pelabuhan Merak bagi pemudik," ucapnya.

Diharapkan dibukanya Pelabuhan Indah Kiat menjadi solusi untuk membantu kelancaran antrian kendaraan angkutan penyeberangan di periode mudik.

"Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat untuk membantu pemudik agar bisa pulang kampung dan berlebaran bersama keluarga," katanya.