Ratusan pelajar SD hingga SMA di Biak Papua ikuti Pesantren Ramadhan

id pesantren ramadhan, Biak,Yapis Biak

Ratusan pelajar SD hingga SMA di Biak Papua ikuti Pesantren Ramadhan

Ratusan siswa SD hingga SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor, Senin (4/4) sedang mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan 1443 Hijriah. ANTARA/Muhsidin

Biak (ANTARA) - Sebanyak 500 pelajar dari berbagai jenjang pendidikan dari SD hingga SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor, Papua mengikuti program pesantren Ramadhan 1443 Hijriah yang dilaksanakan Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Biak.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Biak Haji Saepuddin di Biak, Senin mengatakan Pesantren Ramadhan punya banyak manfaat untuk mendidik siswa siswi sebagai generasi muda Indonesia yang berakhlak baik.

"Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan mampu menciptakan generasi Islami yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,"harap Ketua Yapis Saepuddin saat membuka pesantren Ramadhan 1443 Hijriah berlangsung di Masjid Agung Baiturahman Biak.

Dikatakan Saepuddin, diadakan kegiatan pesantren di bulan Ramadhan penuh berkah untuk mengisi waktu bagi para pelajar dengan kegiatan positif dan bernilai ibadah dihadapan Allah SWT.

Saepuddin mengakui, kegiatan pesantren Ramadhan salah satu kegiatan yang dapat membentuk kepribadian penanaman nilai-nilai religius terhadap siswa.

"Melalui pesantren Ramadhan juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan agama dan mengajarkan siswa untuk dapat mengamalkannya dalam kehidupan keseharian,"harap Saepuddin.

Ketua Yapis Saepuddin berpesan, karena masih dalam suasana pandemi COVID-19 maka peserta pesantren Ramadhan diminta tetap memperhatikan protokol kesehatan serta selalu menjaga kesehatan pribadi.

"Pakailah masker selama mengikuti pesantren Ramadhan. Ya, inilah cara kita ikut mencegah penularan virus corona dalam berbagai aktivitas di lingkungan,"imbuhnya.

Pesantren Ramadhan Yapis Biak akan berlangsung selama tiga hari (4-6 April) dengan materi umum kebhinekaan dan wawasan nusantara serta materi khusus keagamaan shalat, Al Quran, doa dan amalan puasa Ramadhan.