Polda Sumsel selidiki aliran dana korupsi Bupati Muba ke internasl Polri

id Polda Sumsel, korupsi

Polda Sumsel selidiki aliran dana korupsi Bupati Muba ke internasl Polri

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol.Supriadi. ANTARA/Yudi Abdullah.

Berdasarkan fakta persidangan oknum perwira Polda Sumsel menerima uang dari penyuap Bupati Muba nonaktif Dodi Reza Alex Noerdin. Oknum tersebut sekarang ini menjabat sebagai Kapolres OKU Timur dan sudah dinonaktifkan dari jabatannya, ujarnya

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya menyelidiki aliran dana dugaan korupsi Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin ke internal kepolisian.

"Sekarang ini baru terbukti aliran dana ke seorang oknum perwira inisial D saat menjabat sebagai Kasubdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus," kata Kabid Humas Polda Sumsel Konbes Pol.Supriadi di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya melakukan pengembangan keterangan saksi dalam persidangan kasus suap kontraktor proyek pembangunan ke Bupati Musi Banyuasin itu.

"Tentunya kami pastikan apabila nanti ada yang terlibat dalam kasus yang menimpa anggota Polda Sumsel D akan diproses sesuai dengan instruksi Kapolda Sumsel Irjen Pol.Toni Harmanto," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam sidang kasus OTT korupsi Bupati Dodi Reza terungkap informasi bahwa ada aliran dana sekitar Rp2 miliar yang diterima salah satu oknum perwira Polda Sumsel dari kontraktor penyuap bupati.

Informasi tersebut direspon cepat pimpinan dengan mengungkap seorang perwira berpangkat AKBP dengan inisial D terkait aliran dana dugaan korupsi Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin dan prosesnya diserahkan ke Bareskrim Mabes Polri.

Personel inisial D yang disebut saksi dan terdakwa dalam sidang OTT sejumlah pejabat dan Bupati Muba sudah ditahan di Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri sejak Sabtu (8/1) untuk kepentingan proses hukum dan pengembangan kasus.

"Berdasarkan fakta persidangan oknum perwira Polda Sumsel menerima uang dari penyuap Bupati Muba nonaktif Dodi Reza Alex Noerdin. Oknum tersebut sekarang ini menjabat sebagai Kapolres OKU Timur dan sudah dinonaktifkan dari jabatannya," ujarnya.

Dia menjelaskan, sementara ini hanya perwira D yang terkait kasus korupsi Bupati Muba.

Apabila nanti ada perkembangan keterlibatan oknum lainnya, akan dilakukan pemeriksaan dan proses sesuai dengan instruksi Kapolda Sumsel Irjen Pol.Toni Harmanto untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

"Kami akan fokus untuk masalah yang ditangani Mabes Polri ini terlebih dahulu, apabila nanti dalam perjalanannya ada anggota lain yang terlibat menikmati aliran dana korupsi itu akan diproses sesuai ketentuan serta dilakukan sidang disiplin dan kode etik," ujar Kabid Humas Polda Sumsel.