Metro target raih kategori Nindya untuk kota layak anak

id KLA

Metro target raih kategori Nindya untuk kota layak anak

Wali Kota Metro, Wahdi Suradjuddin diwawancarai awak media usai rapat evaluasi KLA di Aula Pemkot Metro, Kamis (6/1). (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota Metro menargetkan bisa meraih kategori Nindya pada Kota Layak Anak (KLA). Selama ini kota berjuluk Bumi Sai Wawai ini menyandang kategori tingkat paling bawah yaitu Pratama. 

"Selama ini dalam KLA hampir bertahun-tahun hanya di Pratama terus. Terburuk artinya. Kenapa saya sampaikan kelas yang pratama ini, kita tersadar saat ini kita harus menaikkan lagi untuk meningkatkan status kita. Kemarin dari Menteri PPH hadir heran, kok di pratama ya, harusnya ini Nindya," kata Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin usai rapat evaluasi KLA di aula pemerintah setempat, Kamis. 

Wahdi menjelaskan target predikat Nindya ke depan harus dapat diraih. Karenanya diperlukan dukungan semua pihak untuk mewujudkannya, termasuk pada semua instansi harus ramah terhadap anak.

"Dengan inilah kita akan mencapai. Mohon doa masyarakat semuanya. Bahwa capaian kota layak anak (KLA) itu harus diurusi semua, mulai dari eksekutif, legislatif, yudikatif dan tentu masyarakat semuanya," ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya kota layak anak tersebut pemerintah juga telah merealisasi forum anak yaitu mulai dari kelurahan hingga tingkat kota. 

"Jadi begini, ada forum anak tingkat kelurahan mereka ikut musrembang. Nah di musren itulah mereka bisa menyampaikan. Kita ajarkan anak-anak kita generasi kita untuk berorganisasi juga dengan baik. Selain itu OPD semua yang selalu saya sampaikan OPD membelanjakan semuanya untuk  masyarakat," terangnya. 

Wahdi mengharapkan pada tahun 2022 ini, target katagori Nindya pada KLA dapat diraih Kota Metro. Sebab, kota layak anak sama saja menyiapkan generasi penerus untuk mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang).

"Iya KLA ini sama saja artinya kita sudah menyiapkan generasi kita. Sama juga dengan misi kita untuk mewujudkan Gemerlang menuju Indonesia Emas tahun 2045. Kalau sekarang pratama insya allah diatasnya, saya tidak muluk-muluk. Target Nindya. Insya allah, mohon doanya semua," tukasnya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Metro, Silfia Naharani mendukung penuh upaya Pemkot Metro untuk mewujudkan target katagori Nindya pada KLA. Pihaknya juga siap berkolaborasi untuk dapat mewujudkannya.

"Kami sepakat tahun ini bisa menjadi lebih baik. Kita juga siap berinovasi dan berkolaborasi. Seperti tahun 2021 kemarin kita mendapat penghargaan Puspaga. Karenanya PKK siap berkolaborasi untuk dapat menjadi lebih baik," tandasnya. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022