GenPi siap dukung pariwisata dan ekraf tetap berjalan selama pandemi

id Wisatadanekraf

GenPi siap dukung  pariwisata dan ekraf tetap berjalan selama pandemi

Ketua Umum GenPi Nasional, Siti Chotijah saat diwawancarai awak media, Jumat (26/11). (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Semoga pemerintah daerah memberikan kelonggaran bagi kemajuan pariwisata dan ekraf di Indonesia. Mudah-mudahan pariwisata ini bukan hanya membangkitkan ekonomi masyarakat tetapi juga pembangunan, pemberdayaan dan lainnya, tambahnya

Metro (ANTARA) - Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Nasional Siti Chotijah mendorong pengelola tempat wisata bisa beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi yang baik agar tetap bisa bertahan meskipun masih dalam pandemi COVID-19. 

"Pandemi COVID-19 ini memang sangat berdampak pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu pengelola pariwisata harus bisa beradaptasi dengan situasi ini. Kemudian juga kolaborasi menjadi hal yang sangat penting. Kami siap mendukung agar wisata tetap berjalan," kata Siti usai pertemuan dengan pengurus GenPi se-Provinsi Lampung, di Pasar Payungi Metro, Jumat. 

Dikatakannya, saat ini untuk membangkitkan pariwisata bukan hanya membutuhkan pentahelix tetapi juga hexahelix atau memberdayakan masyarakat lokal agar membuat gerakan untuk membuat destinasi wisata baru.

Baca juga: Pemkot Metro luncurkan "Wakuncar" untuk deteksi dini penyebaran COVID-19

"Kemudian juga perlu membuat event agar ada gerakan dan banyak pengunjung yang datang. Tetapi harus tetap menerapkan protokol Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability atau CHSE," ucapnya.

Pihaknya juga berharap pada tahun 2022 mendatang, pemerintah daerah memberikan kelonggaran agar tempat wisata di daerah tersebut bisa tetap buka namun tetap menerapkan protokol CHSE. 

"Semoga pemerintah daerah memberikan kelonggaran bagi kemajuan pariwisata dan ekraf di Indonesia. Mudah-mudahan pariwisata ini bukan hanya membangkitkan ekonomi masyarakat tetapi juga pembangunan, pemberdayaan dan lainnya," tambahnya.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022