Kanwil Kemenkumham Lampung rencanakan pembangunan rutan tahun 2022

id Kemenkumham lampung, bupati tulang bawang barat, pembangunan rutan di tubabar

Kanwil Kemenkumham Lampung rencanakan pembangunan rutan tahun 2022

Plt Kakanwil Lampung, Ida Asep Somara (kiri) bersama Bupati Tubabar, Umah Ahmad (kanan) saat meninjau pusat UMKM di Kabupaten Tubabar. (Antaralampung/Damiri)

Kita akan fokus dulu ke pembangunan rutan di setiap kabupaten. Karena kita tahu masih banyak kabupaten yang belum memiliki rutan seperti Pringsewu, Lampung Barat, Mesuji, dan lainnya, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Lampung pada tahun 2022 merencanakan pembangunan rumah tahanan negara (Rutan) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar).

"Tahun 2022 mendatang kita merencanakan pembangunan untuk rutan," kata Plt Kakanwil Lampung, Ida Asep Somara di Bandarlampung, Jumat.

Dia menjelaskan pembangunan akan dimulai setelah perencanaan, dan akan dieksekusi pada tahun 2023-2024 mendatang, dan Kanwil Kemenkumham akan memprioritaskan pembangunan rutan terlebih dahulu.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham dalami warga binaan kendalikan ganja ke Cianjur

"Kita akan fokus dulu ke pembangunan rutan di setiap kabupaten. Karena kita tahu masih banyak kabupaten yang belum memiliki rutan seperti Pringsewu, Lampung Barat, Mesuji, dan lainnya," kata dia.

Ida Asep menambahkan untuk anggaran pada saat pembangunan rutan diperkirakan menelan biata sebesar Rp150 juta untuk per tempat tidur atau perorang.

Baca juga: Tulang Bawang Barat bantu lahan 5.000 M2 untuk kantor Kemenkumham Lampung

Menurutnya jika pembangunan nantinya berkapasitas sebanyak 500 orang maka anggaran diperkirakan sebesar Rp75 miliar.

"Anggaran Rp150 juta per tempat tidur atau perorang itu sudah semuanya. Jadi jika 500 orang maka kurang lebih Rp75 miliar. Kita juga sejauh ini sudah koordinasikan untuk pembangunan rutan lainnya di Lampung Barat dan Pringsewu. Tapi yang sudah siap di Tulang Bawang Barat," kata dia.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar