Tradisi "asmara subuh" selama Ramadhan di Medan dihilangkan

id Asmara subuh di Medan,Asmara subuh di Ramadhan,Wali Kota Medan,Bobby Nasution

Tradisi "asmara subuh" selama Ramadhan di Medan dihilangkan

Wali Kota Medan Bobby Nasution menjadi inspektur di apel gabungan tim pemantauan dan pencegahan asmara subuh di Medan, Sabtu (17/4/2021). ANTARA/HO

Di Ramadhan, usai subuh, masih banyak masyarakat melakukan kebiasaan tidak baik. Padahal di bulan suci ini, kita harus mencari keberkahan, kata Wali Kota Medan 
Medan (ANTARA) - Pemkot Medan, Sumatera Utara berupaya menghilangkan tradisi "asmara subuh" yang biasa dilaksanakan usai sholat subuh selama bulan Ramadhan yang sangat digandrungi oleh sebagian kawula muda di Kota Medan.

"Di Ramadhan, usai subuh, masih banyak masyarakat melakukan kebiasaan tidak baik. Padahal di bulan suci ini, kita harus mencari keberkahan," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution di Medan, Sabtu.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, sangat populer karena berlangsung setiap tahun. Anak muda di Kota Medan melakukan berbagai macam kegiatan, termasuk berpacaran, sehingga dinilai menghilangkan nilai keberkahan di Bulan Ramadhan.

Baca juga: Ramadhan dan upaya merawat makanan khas Nusantara

Wali Kota meminta seluruh tim gabungan, terdiri dari aparat keamanan TNI/Polri, Satpol pamong praja, dinas perhubungan, dan pihak kecamatan agar memantau dan mencegah asmara subuh dengan mengedepankan tindakan persuasif.

"Saya yakin apabila penertiban diterapkan dengan baik, maka 11 bulan ke depan terjadi perubahan perilaku lebih baik di masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih kepada tim gabungan yang terlibat penertiban asmara subuh' ini, ucap Bobby.

Baca juga: Cara memilih nutrisi tepat untuk sahur dan buka

Kabag Tata Pemerintahan Setdakot Medan Rasyid Ridho Nasution mengatakan tim gabungan pemantauan dan pencegahan asmara subuh tersebut akan dilaksanakan selama 10 hari.

"Mulai hari ini 17 April sampai 9 Mei 2021, setiap hari Jumat, Sabtu dan Ahad dilakukan penertiban enam titik kecamatan, yakni Medan Sunggal, Medan Johor, Medan Kota, Medan Belawan, Medan Barat, dan Medan Marelan," ujarnya.