Elise Mertens jegal Sofia Kenin guna ke perempatfinal US Open

id US Open 2020,Elise Mertens , Sofia Kenin

Elise Mertens jegal Sofia Kenin guna ke perempatfinal US Open

Elise Mertens dari Belgia melepaskan servis menghadapi petenis AS Sofia Kenin pada hari kedelapan US Open 2020 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, Flushing Meadows, New York, 7 September 2020. (REUTERS/USA TODAY Sports/Robert Deutsch)

Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Belgia Elise Mertens melanjutkan penampilan tangguhnya pada 2020 dengan menumbangkan unggulan kedua asal Amerika Serikat Sofia Kenin 6-3 6-3 Senin malam waktu AS atau Selasa pagi WIB untuk mencapai perempatfinal US Open dalam dua tahun berturut-turut.

Mertens yang merupakan unggulan ke-16 bermain solid dari baseline dan sekuat mungkin menghindari kesalahan untuk menaklukkan Kenin si juara Australia Open untuk pertama kalinya dalam tiga pertemuan.

Kemenangan ini adalah kemenangan ke-23 Mertens tahun ini, yang merupakan statistik terbanyak pada kelompok putri pada 2020. Dia belum pernah kehilangan satu set pun di Flushing Meadows.

Baca juga: Azarenka taklukkan Muchova dan bertemu Mertens diperempatfinal US Open

"Selalu terlihat bagus pada pertandingan melawan orang yang Anda kalahkan karena Anda harus lebih baik," kata Merten seperti dikutip Reuters. "Sebenarnya saya menyaksikan sebuah pertandingan yang membuat saya dikalahkan dia terakhir kali."

Mertens melepaskan empat pukulan winner lebih sedikit dibandingkan Kenin namun dia hanya melakukan tujuh kesalahan sendiri atau unforced error dibandingkan 26 kali yang dilakukan petenis AS itu.

"Saya hanya fokus sekali kepada permainan saya, tidak terlalu banyak fokus kepada permainan dia," kata Mertens kepada wartawan.

"Saya kira servis pertama haruslah bagus sekali. Juga sepanjang pertandingan saya tak begitu kehilangan apapun. Itulah yang saya rasa yang paling membuat saya senang, itulah yang membuat saya stabil pada setiap poin."

Sebelum laga ini Kenin (21) juga tak pernah kehilangan set dan memenangkan 26 dari 28 game saat memegang servis atau service game.

Baca juga: Medvedev tumbangkan Tiafoe untuk merangsek ke delapan besar US Open

Namun dalam laga melawan Mertens ini dia melakukan sebuah kesalahan ganda dan kemudian sekali unforced error. Dan masalah-masalah seperti ini terjadi pada sepanjang pertandingan sampai-sampai Kenin membanting raket ke lapangan karena kesal.

Mertens mematahkan tiga servis Kenin untuk merampas set pertama dan kemudian merebut break point yang krusial pada game keenam set kedua ketika petenis AS itu melakukan tiga unforced error untuk mencatat skor nol.

Petenis Belgis itu menutup pertandingan dengan ace ketujuhnya.

Dalam perempatfinal Mertens akan ditantang juara Australia Open dua kali Victoria Azarenka yang balik mengalahkan petenis Ceko Karolina Muchova 5-7 6-1 6-4.

"Akan sangat sulit mengalahkan dia," kata Mertens mengenai calon lawannya itu.

Baca juga: Djokovic turun poin dan didenda
Baca juga: Zverev melenggang ke perempatfinal US Open
Baca juga: Pukulkan bola ke ofisial pertandingan, Djokovic didiskualifikasi