Khatib Jumat Masjid Nabawi sampaikan kebersihan cegah Covid-19

id masjid nabawi,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019,saudi

Khatib Jumat Masjid Nabawi sampaikan kebersihan cegah Covid-19

Sejumlah calon jamaah umrah yang batal berangkat ke Jeddah lewat Singapura mencari koper miliknya saat tiba di Bandara International Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (28/2/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Tidak ada obat penangkal epidemi lebih ampuh daripada doa dan berlindung kepada Allah
Jakarta (ANTARA) - Khutbah Jumat Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, menyampaikan soal pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya yang disebabkan virus corona COVID-19.

"Tutuplah muka anda ketika sedang bersin atau batuk. Tutuplah dengan tisu atau lainnya agar tidak mengganggu rekan sebelah dari cipratan ludah," kata khatib Masjid Nabawi Shalah bin Muhammad Al Budair dalam khutbahnya di Madinah, Jumat waktu setempat.

Melalui akun Twitter Kantor Urusan Masjid Nabawi, Shalah mengimbau jamaah untuk terus mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah buang air serta seusai bersentuhan dengan orang lain yang dikhawatirkan dapat menularkan penyakit.

Demikian pula, kata dia, perlu membersihkan ketika setiap tangan tercemar oleh keringat, kotoran atau noda.

Baca juga: Arab Saudi larang warganya umrah, khawatir COVID-19

"Berpelukan dan berciuman pada dasarnya boleh. Akan tetapi, para dokter memperingatkan di masa wabah Covid-19, menghindari dan menjauh dari epidemi," katanya.

Kedisiplinan, lanjut dia, menurut pandangan Islam mengindikasikan kearifan, kesigapan dan sikap terpuji seseorang.

"Termasuk pola hidup sehat yang diajarkan Islam demi terjaganya kekebalan tubuh dengan tidak mengonsumsi hewan buas bertaring," katanya.

Menurut dia, daging dari hewan tersebut mengandung basil, ulat, kuman, bakteri dan parasit yang berdampak negatif pada otak, pola pikir dan fisik.

Shalah mengingatkan dari semua usaha itu adalah yang paling penting untuk terus meminta perlindungan kepada Allah dengan memperbanyak zikir dan berdoa untuk dihindarkan dari epidemi Covid-19.

"Tidak ada obat penangkal epidemi lebih ampuh daripada doa dan berlindung kepada Allah," katanya.*

Baca juga: Arab Saudi umumkan kasus pertama corona setelah warganya kembali dari Iran
Baca juga: Arab Saudi konfirmasi kasus COVID-19, dan KBRI imbau WNI tetap tenang
Baca juga: Arab Saudi laporkan kasus kedua corona, warga tiba dari Iran
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar