Ketua Baznas: Lampung perlu bentuk baznas tanggap bencana

id Baznas lampung, baznas tanggap bencana

Ketua Baznas:  Lampung perlu bentuk baznas tanggap bencana

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo mengimbau dibentuk Baznas Tanggap Bencana bagi Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Senin 24/2/2020. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

"Lampung merupakan daerah rawan bencana, dan ternyata belum memiliki Baznas Tanggap Bencana untuk mengantisipasi bila terjadi bencana," ujar Bambang Sudibyo, di Bandarlampung, Senin.
Bandar Lampung (ANTARA) - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo mengimbau agar Provinsi Lampung dapat membentuk Baznas Tanggap Bencana, untuk menanggulangi terjadi bencana. 

"Lampung merupakan daerah rawan bencana, dan ternyata belum memiliki Baznas Tanggap Bencana untuk mengantisipasi bila terjadi bencana," ujar Bambang Sudibyo, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, Provinsi Lampung perlu membentuk Baznas Tanggap Bencana, agar dapat dengan sigap membantu warga terdampak bencana. 

"Belajar dari situasi sebelumnya, saya berharap ini dapat dibentuk, sebab melalui Baznas Lampung Tanggap Bencana diharapkan petugas dapat langsung sampai ke daerah terdampak secepat mungkin untuk membantu masyarakat, " katanya pula. 
Baca juga: Gubernur: Potensi Zakat Lampung Rp1,8 Triliun/tahun

Ia mengatakan, melalui pembentukan Baznas Tanggap Bencana, Baznas dapat secara langsung bermanfaat bagi masyarakat. 

"Lampung sangat memerlukan Baznas Tanggap Bencana, sebab butuh penanganan yang cekatan dalam membantu daerah terdampak, serta zakat yang terkumpul dapat langsung bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya. 

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan Baznas Tanggap Bencana, semua warga terdampak akan memperoleh bantuan secara cepat dan tidak ada pembedaan. 

"Tidak ada pembedaan latar belakang agama, sebab dalam situasi bencana kita harus menyelamatkan siapa pun tanpa terkecuali, dan kita harus membantu semuanya, " katanya lagi. 

Baca juga: Baznas ajak kepala daerah berperan aktif geliatkan zakat
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar