Baznas ajak kepala daerah berperan aktif geliatkan zakat

id Baznas, zakat daerah, kepala daerah

Baznas ajak kepala daerah berperan aktif geliatkan zakat

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) nasional, Bambang Sudibyo tengah memaparkan materi sosialisasi zakat serta mengajak kepala daerah untuk aktif menggerakkan kegiatan berzakat di daerah, Bandarlampung, Senin 24/02/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak kepala daerah ikut serta berperan aktif menggeliatkan zakat di daerah, guna menyejahterakan masyarakat.

"Saya mengimbau kepada kepala daerah dan seluruh pimpinan Baznas di daerah untuk ikut berperan serta memberi contoh untuk aktif berzakat, " ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo,  di Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan,  dana yang disalurkan melalui Baznas akan disalurkan langsung untuk menyejahterakan rakyat, melalui berbagai program. 

"Dana ini akan digunakan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat, sebab akan membantu meningkatkan kehidupan keseharian masyarakat melalui pelaksanaan program, sepanjang tidak ada penyelewengan dana, " katanya.

Menurutnya, potensi zakat nasional sangatlah besar dan daerah dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membantu mengentaskan kemiskinan.

"Potensi zakat nasional sangatlah besar, estimasi potensi zakat dapat mencapai 232,9  triliun pada tahun 2018, dan melalui dana ini dapat membantu mengangkat harkat hidup masyarakat, " ujarnya.

Menurutnya, zakat tidak bisa dipaksakan melainkan tumbuh atas kesadaran diri, sehingga perlu dilakukan sosialisasi pentingnya berzakat bagi masyarakat.

"Kegiatan berzakat di daerah penggerak utamanya adalah kepala daerah, sehingga kepala daerah diposisikan sebagai contoh bagi masyarakat, sebab berzakat tidak bisa dipaksakan harus dengan kesadaran diri, sehingga sosialisasi mengenai zakat perlu dilakukan kepada masyarakat, " katanya.