Pemkab Lumajang bersama Forum CSR optimalkan kembangkan wisata Ranupani lereng Semeru

id wisata ranupani lumajang,program csr wisata,pemkab lumajang,diskominfo lumajang,lereng semeru

Pemkab Lumajang bersama Forum CSR optimalkan kembangkan wisata Ranupani lereng Semeru

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (tengah) bersama Forum CSR di Ranuregulo, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Kamis (5/12) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lumajang)

"Dana CSR yang dikumpulkan bersama Pemkab Lumajang akan difokuskan untuk pengoptimalan potensi wisata Ranupani," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam kegiatan CSR Gathering dan Sosial Konservasi, di wisata Ranuregulo di Desa Ranupani, Kecamatan Se
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang berkolaborasi bersama Forum Corporate Social Responsibility (CSR) akan mengoptimalkan penggunaan dana tanggung jawab sosial perusahaan untuk pembangunan objek wisata di kawasan Ranupani di lereng Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Dana CSR yang dikumpulkan bersama Pemkab Lumajang akan difokuskan untuk pengoptimalan potensi wisata Ranupani," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam kegiatan CSR Gathering dan Sosial Konservasi, di wisata Ranuregulo di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Kamis.

Dengan adanya kolaborasi antara Forum CSR dengan pemerintah, lanjut dia, akan ada percepatan pengembangan pariwisata di lereng Gunung Semeru, sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Lumajang, terutama di Desa Wisata Ranupani.

Ia menjelaskan Pemkab Lumajang telah menyiapkan desain serta perencanaan pembangunan di Ranupani seperti area kemah (camping ground), tempat istirahat (rest area), pembangunan Amphiteater di Ranuregulo, serta beberapa perencanaan pembangunan infrastruktur lainnya.

"Silakan Forum CSR mau membantu pemkab di bagian mana dan bisa disampaikan kepada kami, sehingga Pemkab Lumajang akan menindaklanjuti supaya bisa berbagi juga, mana yang sekiranya tidak tercover oleh Forum CSR, maka kami yang akan membangun," ujarrnya.
Baca juga: Grebeg Suro di lereng Gunung Semeru meningkatkan pariwisata Lumajang

Thoriq mengatakan pembangunan wisata Ranupani tidak bisa seluruhnya ditangani oleh Pemkab Lumajang dan akan butuh waktu lama ketika ditangani oleh pemkab karena anggaran daerah yang terbatas dan banyak prioritas pembangunan lainnya yang juga harus diperhatikan.

Sementara Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati berharap para pengusaha yang ada di Kabupaten Lumajang dapat berkolaborasi bersama - sama pemkab untuk membangun Kabupaten Lumajang lebih baik.

"Sudah saatnya untuk berkolaborasi. Para pengusaha yang mencari rezeki di Lumajang harus menyisihkan sebagian keuntungannya untuk bersama-sama membangun Lumajang bersama pemerintah," katanya.

Dalam kegiatan itu, BNI juga menyerahkan bantuan renovasi 10 kamar homestay yang merupakan program pemberdayaan masyarakat di Desa Ranupani, kemudian BRI juga memberikan bantuan CSR-nya berupa paket sembako dan lainnya.