Kemlu berharap WNI gunakan aplikasi "Safe Travel"

id Safe Travel,perlindungan WNI,Travel

Kemlu berharap  WNI gunakan aplikasi "Safe Travel"

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dalam temu media Safe Travel Fest 2019 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (28/11/2019). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri berharap lebih banyak WNI menggunakan aplikasi Safe Travel, agar perjalanan atau keberadaan WNI di luar negeri menjadi lebih aman dan nyaman.

Sejak diluncurkan pada 2017, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha menyebut aplikasi berbasis mobile itu telah diunduh oleh 51 ribu pengguna ponsel pintar.

“Namun, mengingat jumlah WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri terus bertambah, kami ingin aplikasi ini bisa dimanfaatkan lebih maksimal,” kata Judha dalam temu media Safe Travel Fest 2019 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis.

Aplikasi Safe Travel diciptakan oleh Kemlu sebagai salah satu inovasi dalam upaya perlindungan WNI, karena banyak warga Indonesia yang kurang memahami situasi di negara yang akan mereka tuju.

“Contohnya di Arab Saudi, banyak WNI yang tidak tahu kalau hukum setempat melarang swafoto di Ka’bah,” kata Judha.

Selain para pelancong, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh WNI yang bekerja atau menetap di luar negeri, untuk memperoleh informasi praktis mengenai status keamanan dan kerawanan suatu negara yang ditandai dengan indikator warna, akses pelayanan dan daftar perwakilan RI, keimigrasian, hukum dan kebiasaan setempat, cuaca dan destinasi lokal, kuliner halal, bahkan tombol darurat jika WNI menghadapi kondisi yang perlu segera ditangani.

Dengan bekal informasi yang memadai itu, diharapkan WNI yang berada di luar negeri bisa lebih merasa aman dan nyaman.

Kemlu mencatat 2,9 juta WNI menetap di luar negeri, dengan konsentrasi terbanyak di Malaysia, Arab Saudi, dan Taiwan.

Namun, Judha mengatakan bahwa jumlah tersebut adalah WNI yang rajin melapor diri ke perwakilan RI di berbagai negara, atau belum mencakup jumlah total WNI yang belum terdata.

Selain itu, diperkirakan 9,7 juta wisatawan Indonesia bepergian ke luar negeri pada 2018, atau meningkat 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Baca juga: Menpar minta travel fair memperbanyak promosikan paket wisata inbound