Trump sambut Conan, seekor anjing pahlawan dalam penyerbuan pemimpin ISIS

id Donald Trump,Anjing Conan,Abu Bakr al-Baghdadi

Trump sambut Conan, seekor anjing pahlawan dalam penyerbuan pemimpin ISIS

Presiden AS Donald Trump (kiri) didampingi Wakil Presiden Mike Pence (kedua kiri) dan Conan, anjing militer AS yang ikut serta dan terluka dalam serangan AS di Suriah yang menewaskan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, memberikan keterangan pers di Gedung Putih, Washington, AS, Senin (25/11/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner/aww.

Washington (ANTARA) - Presiden AS Donald Trump menyambut tamu istimewa di Gedung putih pada Senin.

Tamu itu bernama Conan, anjing dinas militer yang membantu memburu pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

"Ini Conan, saat ini mungkin menjadi anjing paling terkenal di dunia," kata Trump, yang diapit oleh istrinya Melania, Wakil Presiden Mike Pence, Conan dan pelatih anjing.

"Kami merasa sangat terhormat untuk memiliki Conan di sini dan memberikan Conan sertifikat dan juga penghargaan yang akan kami pajang di Gedung Putih," kata Trump kepada awak media di anak tangga yang menghadap ke kebun Gedung Putih.

Baghdadi, warga negara Irak yang memimpin ISIS dan menyatakan dirinya sebagai "khalifah" semua Muslim, tewas pada Oktober lalu dengan meledakkan rompi bunuh diri setelah melarikan diri ke terowongan buntu saat elit pasukan khusus AS melakukan penyerbuan.

Jenderal Kenneth McKenzie, komandan Komando Pusat AS yang mengawasi pasukan Amerika di Timur Tengah, sebelumnya mengatakan bahwa Baghdadi membawa dua anak kecil bersamanya ke dalam terowongan tersebut. Kedua anak itu diyakini berusia di bawah 12 tahun dan ikut juga tewas, katanya.

"Conan benar-benar seorang pahlawan," kata Pence ketika berbicara soal anjing itu, yang mengalami luka akibat penyerbuan tersebut.

Sumber: Reuters