Pemandu wisata Misool praktik teknik memandu turis di Raja Ampat

id Raja Ampat

Pemandu wisata Misool praktik teknik memandu turis di Raja Ampat

Praktik teknik memandu wisatawan di Misool, Senin (23/9/2019). ANTARA/Ernes

program pelatihan tersebut disertai praktik lapangan agar peserta memahami secara benar tentang teknik dan etika memandu wisatawan yang berkunjung ke Misool.
Misool (ANTARA) - Pemandu wisata Misool yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mengikuti praktik teknik memandu turis di tiga destinasi wisata unggulan di daerah itu, Senin.

Praktik teknik memandu wisatawan tersebut dimulai dari destinasi wisata Gua Putri Termenung dilanjutkan ke Yapap, dan berakhir di Puncak Dapunlol.

Praktik teknik memandu wisatawan bagi anggota HPI Raja Ampat tersebut, dipimpin Ketua Bidang Minat Khusus DPP HPI Adi Susanto yang juga pemandu ahli tergabung dalam Ikatan Ahli Geologi Indonesia.

Sekretaris DPC HPI Kabupaten Raja Ampat Maikel Sada mengatakan bahwa program pelatihan pemandu geowisata tersebut untuk meningkatkan kuantitas sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata di Misool.

Dia mengatakan program pelatihan tersebut disertai praktik lapangan agar peserta memahami secara benar tentang teknik dan etika memandu wisatawan yang berkunjung ke Misool.

Ia berharap, pelatihan tersebut bermanfaat bagi anggota HPI dan masyarakat Kampung Harapan Jaya Misool sehingga dapat melakukan aktivitas memandu wisata dengan baik.

Ketua Bidang Minat Khusus DPP HPI Adi Susanto sebagai pemateri pelatihan pemandu wisata tersebut, mengapresiasi peserta, yakni anggota HPI Raja Ampat, yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dia mengatakan bahwa pemandu wisata Misool telah memahami bagaimana cara memandu wisatawan, namun perlu ditingkatkan lagi dengan berbagai pelatihan pemandu wisata ke depannya.

"Saya berharap ini bermanfaat bagi anggota HPI dan masyarakat Kampung Harapan Jaya Misool sehingga dapat melakukan aktivitas pemandu wisata dengan baik," ujarnya.
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar