SMPN 1 Rajabasa Lampung Selatan giatkan siswa membaca buku

id Literasi di Lampung Selatan, literasi

SMPN 1 Rajabasa Lampung Selatan giatkan siswa membaca buku

Kegiatan siswa membaca di SMPN 1 Rajabasa, Lampung Selatan. (ANTARA/Dok. Istimewa)

Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA) - SMPN 1 Rajabasa di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung menggiatkan siswanya untuk membaca buku selama 15 menit setiap hari masuk sekolah dan membuat perpustakaan mini di kelas.

Asih Kuriawati SPd selaku Wali Kelas VII-B sekaligus guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Rajabasa dalam keterangan tertulis, Jumat, menuturkan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca siswa dan didukung oleh relawan literasi motor pustaka Sugeng Hariyono.

Dia menjelaskan, tujuan membuat perpustakaan mini di kelas dilakukan untuk  tumbuh kembangkan minat baca siswa-siswi sekolah ini.

"Meski baru hitungan bulan, kemajuannya cukup bagus. Kita melihat langsung bagaimana ketika jam istirahat, para siswa mulai antusias memanfaatkan fasilitas dan ruang terbuka untuk membaca," katanya.

Endang Suryani MPd selaku Kepala SMPN 1 Rajabasa mengatakan dengan membaca menambah pengetahuan, dan menulis membuat anak mampu mengolah pikirannya secara kreatif. "Sebab jika siswa tekun dalam proses ini, maka harapan akan adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai,” ujarnya pula.

Endang Suryani menyatakan mendukung adanya perpustakaan mini di kelas.

“Saya mengapresiasi peran aktif para siswa dan wali murid yang mendukung kegiatan positif membuat perpustakaan atau pojok baca di kelas,” katanya pula.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar