Soto Santan Bang Ali, Soto Bogor Dengan Cita Rasa Khas Aceh

id soto santan bang ali, jalan surya kencana bogor, hotel airy rooms

Soto Santan Bang Ali, Soto Bogor Dengan Cita Rasa Khas Aceh

Soto Santan Bang Ali yang terletak di Jalan Surya Kencana, Bogor (Foto: hellobogor.com)

...Keunikan soto santan bang Ali ini berasal dari racikan bumbunya yang menggunakan racikan khas bumbu Aceh...
Berbicara tentang Bogor, pikiran kita pasti tidak lepas dengan julukannya sebagai kota hujan. Selain dikenal sebagai kota hujan, kota yang pada zaman kolonial bernama Buitenzorg ini juga memiliki kuliner khasnya sendiri yaitu soto.

Sangat mudah menemui penjual soto di kota ini. Salah satunya di Jalan Surya Kencana yang merupakan daerah pecinan di Bogor. Bagi Anda yang tinggal di kompleks perumahan, tentu ada juga penjual soto keliling yang sering menjajakan dagangannya menggunakaan gerobak dorong.

Mencicipi Soto Santan dengan Sentuhan Bumbu Aceh

Selain soto Bogor atau soto mie, ada lagi satu soto yang cukup legendaris di Bogor. Soto santan bang Ali namanya. Kedai soto santan bang Ali sudah berdiri sejak tahun 1975. Pemilik kedai ini bernama bapak Ali Arifin, seorang pria asal Aceh.

Keunikan soto santan bang Ali ini berasal dari racikan bumbunya yang menggunakan racikan khas bumbu Aceh. Kekhasan lain dari soto santan Bang Ali adalah isian sotonya yang semuanya digoreng, kecuali babat dan daging. Soto juga tidak disajikan di dalam mangkuk, tetapi disajikan menggunakan piring.

Soto santan sendiri berisi irisan daging atau jeroan sapi yang kuah kaldunya dimasak bersama dengan santan dan bumbu-bumbu seperti kemiri, merica, ketumbar, bawang putih, dan bumbu rempah lainnya.

Kuah soto berwarna kekuningan dan beraroma khas rempah-rempah yang harum. Kuah santan pada soto bang Ali ini cukup ringan. Kuah santan tidak begitu kental sehingga tidak menimbulkan rasa mual. Ada rasa sedikit asam pada setiap soto yang disajikan yang ternyata berasal dari belimbing sayur.
    
Untuk isian soto, kita bisa pilih sendiri sesuai selera. Ada daging sapi dan jeroan yang terdiri dari paru, kikil, babat, otak dan lain-lainnya. Seperti telah disebutkan di atas tadi, semua jeroan, kecuali babat, sudah digoreng terlebih dahulu. Tinggal pilih saja, mau soto daging saja, soto jeroan, atau campur. Semua dijamin enak.

Buka Cabang

Sebelumnya, kedai soto santan milik bang Ali ini pertama kali dibuka di Jalan Pemuda, tepatnya di dekat GOR Pajajaran dan tidak jauh dari pabrik ban Good Year. Saat ini, bang Ali juga membuka cabang kedainya di Jalan Bangbarung di daerah Bantarjati, sebuah ruas jalan yang sekarang sudah menjadi salah satu pusat kuliner di Bogor.

Jika berkesempatan datang di kedai yang berada di Jalan Bangbarung, kita bisa menyapa sosok bang Ali yang masih turun tangan melayani para pelanggan setianya.

Mencari Penginapan Tepat dan Murah di Bogor


Selain berwisata kuliner di soto santan bang Ali, tentunya anda juga ingin mengeksplorasi Bogor lebih jauh lagi bukan? Tidak cukup hanya satu hari untuk berkeliling Bogor. Apalagi jika anda berasal dari luar kota.

Nah, sebaiknya Anda segera mencari hotel murah di Bogor untuk tempat menginap. Hotel murah yang tepat, bisa Anda dapatkan melalui Airy Rooms.

Mengapa Airy Rooms? Karena hotel Airy Rooms itu murah. Airy Rooms adalah jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak dibandingan jaringan hotel lain. Fasilitas hotel-hotel Airy Room sangat memadai.

Airy Rooms memiliki tujuh jaminan fasiltas di setiap kamar yaitu, AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. Untuk pemesanan, Anda dapat melakukannya langsung lewat website resminya atau melalui mobile apps yang bisa diunduh lewat Play Store dan App Store. Pembayarannya juga bisa menggunakan metode transfer atau kartu kredit.

Yuk, kunjungi Bogor. Ada sepiring soto santan hangat menanti untuk dicicipi di sana. (Ant)