PASI Bandarlampung Tempa Atlet Empat Kejuaraan

id PASI Bandarlampung Tempa Atlet Empat Kejuaraan , Porprov, Popnas, Pomnas, PPLP, Stadon Pahoman, Atletik

  PASI Bandarlampung Tempa Atlet Empat Kejuaraan

Sejumlah atlet cabang olahraga atletik binaan Pengprov PASI Lampung sedang menjalani latihan fisik dengan melompat, di Stadion Pahoman, Bandarlampung. (FOTO Dok. ANTARA/M.Tohamaksun).

Selain Kejuaraan PPLP, para atlet ini juga kami siapkan ke kejuaraan Popnas, Pomnas. Khusus Porprov Lampung yang akan berlangsung di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada akhir tahun 2013 ini."
Bandarlampung (Antara) - Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Bandarlampung terus menggenjot latihan dan seleksi terhadap puluhan atlet terbaiknya untuk menghadapi sedikitnya empat kejuaraan, baik tingkat daerah maupun nasional, mulai Mei hingga Desember 2013.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Kota PASI Bandarlampung, Dwi Priyono didampingi Komisi Pertandingan dan Perwasitan Pengprov PASI Provinsi Lampung, Eko Nugroho, mengatakan bahwa di Stadion Pahoman Bandarlampung, Minggu, sekitar 50 atlet atletik Kota Bandarlampung sedang ditempa menghadapi berbagai kejuaraan itu.

Sepanjang Sabtu dan Minggu (27--28/4), misalnya, sekitar 60 atlet altetik putra dan putri binaan Pengkot PASI Kota Bandarlampung tampak giat berlatih, pemantapan seleksi, dan persiapan menghadapi sedikitnya empat kejuaraan dibimbing oleh pelatih mereka masing-masing.

Menurut Eko Nugroho, keempat kejuaraan yang dihadapi itu selain Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas), juga Kejuaraan antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP), dan Pekan Olagraga Provinsi (Porprov) Lampung akhir tahun 2013.

"Selain Kejuaraan PPLP, para atlet ini juga kami siapkan ke kejuaraan Popnas, Pomnas. Khusus Porprov Lampung yang akan berlangsung di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada akhir tahun 2013 ini," katanya.

Baik Dwi Priyono yang juga pengurus KONI Provinsi Lampung maupun Eko Nugroho menjelaskan bahwa pemantapan latihan itu merupakan bagian dari latihan dan persiapan secara berjenjang sejak tingkat kota, lalu dilanjutkan ke tingkat Provinsi (Pengprov) PASI.

"Karena kebanyakan atlet Pengprov PASI Lampung itu domisilinya di Kota Bandarlampung, persiapan yang dilakukan oleh Pengkot PASI Kota Bandarlampung sudah otomatis juga sekaligus persiapan untuk tingkat Pengprov karena kebanyakan atlenya, ya, itu-itu juga. Pengprov diuntungkan tinggal lebih memantapkan lagi," katanya.

Dari sekitar 46 nomor pada cabang olahraga atletik, yang sering dilombakan dan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON), yang meliputi nomor jalan, lari, lempar, dan lompat, latihan tingkat Pengkot itu dilakukan untuk sedikitnya untuk 30 nomor.

"Kalau di PON sampai mempertandingkan/memperlombakan sekitar 46 nomor atletik, yang kami persiapkan saat ini ada sekitar 30 nomor," kata Eko Nugroho lagi.

Nomor-nomor yang terus dimantapkan latihan dan kesiapan atletnya, baik secara mental, fisik, maupun teknik, itu antara lain jalan beberapa nomor, lari beberapa nomor dan jarak, lempar, baik lempar lembing maupun lempat cakram, dan tolak peluru, juga bebagai nomor lompat, seperti lombat tinggi dan lompat jauh.

"Kami terus memantapkan latihan dan seleksi atlet-atlet terbaik agar mereka lebih siap menghadapi berbagai kejuaraan," demikian Eko Nugroho.