Warga Labuhanratu Bandarlampung keluhkan aktivitas penimbunan

id timbunan, jl nusantara,debu,truk

Warga Labuhanratu Bandarlampung keluhkan aktivitas penimbunan

Dua truk beriringan membawa material timbunan melintas di permukiman warga Jl Nusantara 8, Labuhanratu Raya, Kecamatan Labuhanratu, Kota Bandarlampung, Jumat (18/10/24) (ANTARA/Triono Subagyo)

Kami sudah bertemu Pak Lurah, menyampaikan keluhan ini namun hingga kini belum ada kejelasan, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Warga Jalan Nusantara 8/Gg. H Hermansyah, Labuhanratu, Kota Bandarlampung mengeluhkan aktivitas penimbunan yang mengakibatkan rusaknya jalan serta menimbulkan debu.

Tokoh masyarakat setempat Farid Paksi, ditemui di lokasi, Jumat menjelaskan aktivitas yang sampai saat ini belum diketahui oleh siapa tersebut sudah berjalan hampir satu bulan ini.

"Setiap hari bisa sampai 60-an truk masuk. Debunya sangat mengganggu warga. Kami sudah bertemu Pak Lurah, menyampaikan keluhan ini namun hingga kini belum ada kejelasan," kata dia.

Farid yang didampingi warga yakni Yanto, Fuad, Nizar, Sopan, dan lainnya menjelaskan pernah bertemu ketua RT setempat namun jawabannya pun kurang memihak ke warga, sehingga melanjutkan bertemu lurah.

"Kami pernah bertanya itu proyek siapa ke sopir truk, tapi mereka gak ada yang tahu karena tugasnya hanya mengantarkan material, jawabnya. Begitu pun di lokasi penimbunan tidak ada yang bisa menjelaskan," katanya.
Warga saat beraudensi dengan Lurah Labuhanratu Raya Ahyarudin beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-dokumentasi warga)


Yanto menambahkan,aktivitas truk pengangkut material timbunan setiap hari mulai sekitar pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB.

"Kondisinya membuat tak nyaman bagi anak-anak yang biasa bermain di luar. Selain kendaraan yang lalu-lalang juga dipenuhi debu yang berterbangan," kata dia.

Fuad juga menimpali bahwa jalan yang dikhususkan untuk ke permukiman yang dilalui truk-truk pengangkut kondisinya memprihatinkan.

"Jalan ini untuk kendaraan ringan, sekarang dilintasi muatan berat. Bergelombang, rusak dan saat hujan kemarin terjadi genangan. Belum lagi gorong-gorong yang dibuat oleh warga pun jebol," katanya.

Fuad pun menambahkan pihaknya telah melayangkan laporan ke Wali Kota Bandarlampung.

"Dalam surat laporan di antaranya menyebutkan tidak adanya perjanjian tertulis dari pihak terkait tentang perbaikan jalan nantinya," kata dia.

Warga intinya meminta kejelasan siapa yang bertanggungjawab usai proyek penimbunan tersebut terutama perbaikan jalan serta gorong-gorong yang dikerjakan secara swadaya.

Sementara pantauan di lokasi, truk pengangkut material timbunan silih berganti berdatangan.

Di lokasi yang ditimbun letaknya di areal bawah (bekas rawa) sebuah alat berat terus meratakan material timbunan yang dibawa truk.
Sebuah truk ke luar dari lokasi penimbunan usai mengantarkan material, Jumat (18/10/24) (ANTARA/Triono Subagyo)