Bawaslu Lamsel lakukan sosialisasi pengawasan partisipatif ke pemilih pemula

id Lampung Selatan ,Bawaslu Lamsel ,Pemilih pemula

Bawaslu Lamsel lakukan sosialisasi pengawasan partisipatif ke pemilih pemula

Ketua Bawaslu Wazzaki dan jajaran saat melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula di SMK Negeri 1 Kalianda, Selasa (17/9/2024). ANTARA/Riadi Gunawan

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi sekolah menengah atas tentang pentingnya peran serta dalam mengawal proses pemilu yang bersih dan transparan

Lampung Selatan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mendatangi SMK Negeri 1 Kalinada untuk menyosialisasikan pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula yang ada di sekolah tersebut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi sekolah menengah atas tentang pentingnya peran serta dalam mengawal proses pemilu yang bersih dan transparan," kata Ketua Bawaslu Lamsel Wazzaki, di Kalianda, Selasa.

Dia mengatakan sosialisasi tersebut merupakan bagian dari upaya Bawaslu setempat dalam melibatkan masyarakat, terutama generasi muda untuk lebih aktif dalam mengawasi jalannya pemilihan umum.

"Sosialisasi ini diikuti oleh ratusan siswa kelas XI yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024," katanya.

Dia menyampaikan bahwa pemilih pemula memiliki peran penting dalam memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.

"Pengawasan partisipatif sangat diperlukan agar tidak terjadi kecurangan dalam pilkada. Kami ingin generasi muda, khususnya pemilih pemula memiliki kesadaran yang tinggi untuk turut serta mengawasi jalannya pilkada," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi ini, para siswa dibekali informasi tentang tahapan-tahapan pemilu, berbagai bentuk pelanggaran pilkada, serta cara melaporkan apabila menemukan pelanggaran. Selain itu, mereka juga diberikan motivasi untuk menggunakan hak pilih secara bijak dan bertanggung jawab.

"Antusiasme terlihat dari para peserta yang aktif bertanya seputar peran dan tanggung jawab mereka sebagai pemilih pemula. Beberapa siswa mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan baru tentang proses pilkada yang sebelumnya belum mereka pahami," ujar dia.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Bawaslu berharap partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 2024 akan semakin meningkat, tidak hanya dalam memberikan suara, tetapi juga dalam mengawasi proses pemilihan yang jujur dan adil.

Baca juga: Bawaslu Lampung sebut kontestasi pilkada harus beri dampak positif daerah

Baca juga: Bawaslu Bandarlampung perkuat kompetensi panwascam hadapi sengketa

Baca juga: Bawaslu Lampung Selatan butuhkan 1.592 pengawas TPS di Pilkada 2024