Festival layang-layang di Lamsel jadi ajang perkenalkan potensi wisata

id Lampung Selatan ,Festival Layang Layang ,Pemkab Lamsel

Festival layang-layang di Lamsel jadi ajang perkenalkan potensi wisata

Ribuan masyarakat antusias mengunjungi dan memadati lokasi festival layang layang di Lampung Selatan. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Kegiatan ini sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di Kabupaten Lampung Selatan

Lampung Selatan (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Kurnia Oktaviani mengatakan festival layang-layang yang digelar di Pantai Kalianda Beach, dapat dijadikan ajang memperkenalkan potensi wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan wisata di wilayah tersebut.

"Festival Layang-layang yang ketiga tahun 2024 ini merupakan acara yang sangat penting untuk memperkenalkan potensi wisata di Lampung Selatan, festival ini juga menampilkan lomba Tari Kreasi Tradisional untuk umum," kata Kurnia Oktaviani di Lampung Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan festival layang-layang tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan dalam rangka memeriahkan hari jadi "Bumi Khagom Mufakat" atau Lampung Selatan.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di Kabupaten Lampung Selatan serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan lamanya tinggal baik Wisatawan Nusantara dan Mancanegara dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata," kata dia.

Festival layang-layang yang digelar di pantai Kalianda Beach tersebut diikuti 1.419 peserta. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 1.048 peserta dari berbagai daerah di Lampung dan luar daerah Lampung.

Ia menjelaskan kegiatan pengembangan kepariwisataan berbasis masyarakat ini akan memberi dampak langsung pada tumbuhnya industri kecil dan menengah (IKM) serta usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) bagi perekonomian masyarakat setempat.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan dirinya merasa bangga atas terselenggaranya ajang tahunan tersebut. "Dengan adanya kegiatan ini bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, dan juga sebagai wadah untuk mempromosikan wisata," kata Nanang.

Ia berharap kegiatan festival layang-layang itu dapat memperkenalkan destinasi wisata sehingga sektor pariwisata dapat terus maju serta memberikan dampak untuk UMKM untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Baca juga: 1.419 peserta ikuti Festival Layang-Layang di Kalianda Beach

Baca juga: Sebanyak 1.048 peserta ikuti Festival Layangan Semarak HUT Ke-67 Lampung Selatan

Baca juga: Festival layang-layang Kalianda turut dimeriahkan berbagai perlombaan