Sebanyak 1.048 peserta ikuti Festival Layangan Semarak HUT Ke-67 Lampung Selatan

id Lampung Selatan ,Festival layang-layang,HUT ke-67 Lamsel

Sebanyak 1.048 peserta ikuti Festival Layangan Semarak HUT Ke-67 Lampung Selatan

Suasana saat para peserta lomba festival layang-layang menunjukkan kemampuan menerbangkan layangan. ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 1.048 peserta mengikuti lomba festival layangan di Pantai Kalianda Beach dalam rangka ikut memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lampung Selatan M Darmawan, di Kalianda, Sabtu, mengatakan festival tersebut diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

"Untuk peserta lomba layang-layang diikuti oleh masyarakat umum, baik dari Lampung Selatan maupun luar daerah seperti Jawa Barat dan lainnya," kata dia.

Ia menjelaskan, tidak hanya peserta dari masyarakat umum, namun setiap instansi dari Pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan ikut memeriahkan festival layangan tersebut.

"Jumlah peserta yang terdaftar 1.048 orang dengan 327 layangan, jumlah peserta layanan kreasi umum 659 orang dengan jumlah layangan 183 buah, jumlah layangan prank naga dengan jumlah peserta 160 orang jumlah layangannya berjumlah 22 buah, jumlah layangan kreasi OPD berjumlah 65 dengan jumlah layangan 58 buah, untuk  layangan tarik atau aduan sebanyak 64 orang dan layangan 64 buah," katanya pula.

Kemudian, peserta lomba layang-layang juga diikuti oleh dari bagian instansi pemkab setempat.

"Dari Ciamis Jawa Barat, Blitar Jawa Timur, kemudian dari Palembang, dari OKU Selatan, dari OKU Timur, Sumatera Selatan, Bandarlampung, Metro, dan masih banyak lagi," ujarnya.

Untuk juri penilaian dari festival layangan ini dari Lampung Selatan, kemudian Provinsi Lampung, dan juga dari Jawa Barat.

Dia menerangkan, festival layangan kali ini merupakan festival yang digelar untuk kedua kalinya dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan.

"Tujuannya ialah untuk mengenalkan budaya permainan tradisional serta menunjukkan event tahunan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT Lampung Selatan," ujar dia.

Salah satu peserta lomba festival layangan, Deni dari Kecamatan Jati Agung mengatakan  dirinya sudah dua kali mengikuti ajang festival layangan ini, dan berharap agar event ini terselenggara setiap tahun. 

"Ini festival kegiatan ini yang kedua kalinya digelar kemudian kalau untuk harapan sih saya dan para pecinta layang-layang berharap kegiatan ini diadakan setiap tahun dan dari pihak dinas memfasilitasi kegiatan ini agar ya itu pariwisata di Lampung Selatan terus maju dan meningkat," kata Deni.