Kemendikbud sebut LKS SMK siapkan desain besar manajemen talenta nasional

id LKS SMK di Lampung, pendidikan vokasi, SMK lampung

Kemendikbud sebut LKS SMK siapkan desain besar manajemen talenta nasional

Ilustrasi - Peserta didik sekolah menengah kejuruan di Lampung dalam pameran di kegiatan LKS SMK Nasional di Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Jadi patut berbangga kalau bisa juara disini, sebab kami sudah berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Maria Veronica Irene Herdjiono mengatakan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional menjadi bagian dari penyiapan desain besar manajemen talenta nasional (GDMTN).
 
"Pengembangan talenta siswa-siswi sekolah menengah kejuruan melalui pelaksanaan lomba kompetensi siswa ke-32 di Lampung merupakan bagian dari pembentukan desain besar manajemen talenta nasional 2045," ujar Maria Veronica Irene Herdjiono di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut maka talenta berbakat siswa-siswa sekolah menengah kejuruan dapat terus terasah.
 
"Penyelenggaraan lomba kompetensi siswa yang saat ini tengah berlangsung di Lampung, dilakukan sesuai dengan penilaian internasional. Jadi patut berbangga kalau bisa juara disini, sebab kami sudah berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan untuk mempersiapkan juara-juara tingkat Asia dan Asean," katanya.

Ia menjelaskan dalam kegiatan tersebut mitra yang mendukung mencapai 20 mitra. Dan hal tersebut menjadi peluang bagi siswa sekolah menengah kejuruan untuk mendapatkan beasiswa serta membuktikan bahwa pendidikan vokasi juga dapat berprestasi.
 
"Siswa-siswi bisa berlatih dan tahu posisi dengan mengukur kemampuannya, sembari belajar bertukar keterampilan dengan rekan-rekannya dari berbagai daerah," ucap dia.
 
Menurut dia, dalam rangka penyiapan desain besar manajemen talenta nasional para siswa siswi sekolah menengah kejuruan juga diajak berpartisipasi masuk dalam dunia industri.
 
"Cara mendorong siswa-siswi sekolah menengah kejuruan masuk ke dunia kerja dan industri, salah satunya dengan melakukan job fair yang juga dilaksanakan dalam kegiatan ini. Siswa menengah kejuruan dengan ini bisa menjadi sumber daya manusia yang bertalenta dan berdaya saing global," ucapnya.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemedikbud: LKS SMK siapkan desain besar manajemen talenta nasional