Petugas Damkarmat Lamsel evakuasi ular sanca di rumah warga

id Lampung Selatan ,Ular sanca ,Damkarmat

Petugas Damkarmat Lamsel evakuasi ular sanca di rumah warga

Petugas Damkarmat saat melakukan evakuasi ular sanca dari rumah warga di Kecamatan Jati Agung. (ANTARA/HO/Damkarmat Lamsel)

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), mengevakuasi seekor ular sanca yang masuk ke dalam rumah warga di Kecamatan Jati Agung.

"Anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan, Posko Jati Agung telah mengevakuasi ular jenis sanca di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada hari ini," kata Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Selasa.

Ia mengatakan ular berhasil dievakuasi oleh petugas tersebut berjenis sanca kembang berukuran kurang lebih tiga meter.

Kronologi kejadian bermula salah seorang warga menelpon ke call center damkar dan penyelamatan posko Jati Agung, untuk meminta bantuan mengevakuasi ular sanca.

"Saudara Alfito melapor ke call center pemadam kebakaran dan penyelamatan Posko Jati Agung pada pukul 06:56 WIB, untuk meminta bantuan mengevakuasi ular sanca yang berada di atas plafon rumahnya," katanya.
 

Kemudian anggota posko Jati Agung menanggapi dan mempersiapkan peralatan serta menuju ke lokasi.

"Anggota posko Jati Agung menanggapi dan mempersiapkan peralatan langsung menuju ke lokasi tiba pukul 07:00 WIB, Setiba di lokasi anggota langsung mengevakuasi ular tersebut, Selesai evakuasi pukul 07:10 WIB," ujarnya.

Dia mengatakan, setelah ular sanca tersebut diamankan, petugas membawa dan melepaskan ular tersebut ke tempat yang jauh dari pemukiman warga.

Ruly mengimbau warga segera melapor ke Pos damkar apabila menemukan ular sanca ataupun sejenis lainnya yang bisa membahayakan warga di lingkungan tempat tinggal.

"Petugas kami punya keahlian dan siap membantu evakuasi hewan berbisa, seperti ular. Warga jangan evakuasi sendiri, karena sangat berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa," ujar dia.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Petugas Damkarmat Lampung Selatan evakuasi ular sanca di rumah warga