Pelindo Lampung pastikan penerangan mudik di Pelabuhan Panjang berfungsi baik

id Pelabuhan panjang,Penerangan pelabuhan, arus mudik, lebaran 2024, pemudik motor,Panjang,Bandarelampung,Pelabuhan,Interna

Pelindo Lampung pastikan penerangan mudik di Pelabuhan Panjang berfungsi baik

Ilustrasi - Situasi Pelabuhan Panjang Bandarlampung yang diperbantukan untuk membantu melayani pemudik menggunakan sepeda motor di arus mudik Lebaran 2024. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Penerangan pasti akan kami dukung dengan maksimal di Pelabuhan Panjang terutama selama arus mudik Lebaran 2024
Bandarlampung (ANTARA) - Pelindo Regional II Panjang memastikan bahwa penerangan yang ada di area Pelabuhan Panjang berfungsi dengan baik selama periode mudik Lebaran 2024, guna menjaga keselamatan para pemudik sepeda motor.
 
"Penerangan pasti akan kami dukung dengan maksimal di Pelabuhan Panjang terutama selama arus mudik Lebaran 2024 ini," kata General Manager (GM) Pelindo Regional II Panjang Imam Rahmiyadi di Bandarlampung, Sabtu.
 
Ia menjelaskan, dukungan fasilitas penerangan di sekitar area Pelabuhan Panjang tersebut dilakukan untuk menjaga keselamatan pemudik sepeda motor yang turun dari kapal pada malam hari.
 
"Dukungan penerangan ini dilakukan sebab Pelabuhan Panjang ini merupakan pelabuhan internasional yang memang sudah menerapkan pola green port dan smart port, jadi penerangan saat malam sudah mulai standar semua, terutama untuk kapal roro salah satunya KM Panorama yang melayani pemudik," katanya.
 
Dia juga menjelaskan, selain penerangan dukungan fasilitas lain seperti alokasi dermaga C untuk berlabuhnya kapal pemudik, buffer area seluas tiga hektare, toilet, dan klinik sudah disiapkan pula.
 
"Karena yang turun ke Pelabuhan Panjang ini khusus sepeda motor, untuk menjaga keamanan serta keselamatan pemudik kami pun telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian sektor khusus pelabuhan. Sebab motor biasanya seperti tahun kemarin langsung jalan ke tujuan masing-masing ketika keluar dari kapal," katanya.
 
Ia mengharapkan dukungan fasilitas dan penerangan di sekitar Pelabuhan Panjang dapat membantu pemudik sepeda motor dalam melakukan perjalanannya.

"Harapannya persiapan fasilitas ini dapat terus meningkat setiap tahunnya, untuk menyambut kedatangan para pemudik motor di Pelabuhan Panjang yang digunakan untuk membantu kelancaran arus mudik," katanya.