BI Lampung akan jaga stabilitas harga pangan jelang Lebaran

id BI Lampung, stabilitas harga pangan, pangan lampung

BI Lampung akan jaga stabilitas harga pangan jelang Lebaran

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung Junanto Herdiawan saat memberi keterangan, di Bandarlampung, Jumat (22/3/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung Junanto Herdiawan mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya menjaga stabilitas harga pangan menjelang Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Dalam rangka menghadapi Idul Fitri dan masih di tengah situasi Ramadhan, kami bersama Pemerintah Provinsi Lampung akan terus berupaya untuk menjaga stabilitas harga pangan di Lampung," ujar Junanto Herdiawan, di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia mengatakan upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang Lebaran 2024 dilakukan, salah satunya melalui pelaksanaan operasi pasar dan pengawasan langsung ke pasar tradisional.
 
"Untuk menjaga stabilitas harga pangan, telah kami lakukan upaya bersama pemerintah daerah dan instansi terkait melalui kegiatan operasi pasar serta melakukan pengawasan dengan melakukan kunjungan langsung ke pasar tradisional secara rutin," katanya.
 
Dia pun mengharapkan dengan sinergi semua pihak harga pangan bagi masyarakat tetap terkendali selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.
 
"Kita berharap harga pangan ini tetap terkendali sehingga konsumsi masyarakat tetap terjaga," ujarnya pula.
 
Tanggapan serupa dikatakan oleh Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono.
 
"Tetap jaga stabilisasi harga pangan mendekati Idul Fitri di Lampung ini, sebab inflasi beberapa waktu tetap terjaga. Lalu saya lihat ada subsidi yang diberikan ke BUMD pangan oleh pemerintah daerah ini pun bisa membantu pengendalian harga. Yang pasti kami akan berupaya membantu menjaga harga pangan," kata Doni Primanto Joewono.
 
Ia melanjutkan, pihaknya pun akan terus ikut serta menjaga keterjangkauan harga, menjaga distribusi pangan bagi masyarakat untuk membantu pemerintah daerah.
 
"Keterjangkauan harga, distribusi, ekspektasi pasar, dan inovasi tim pengendalian inflasi daerah pun harus dijaga secara intensif. Bisa juga bekerjasama dengan BUMDes untuk menjaga ketersediaan pangan dengan menjadikan BUMD sebagai offtakernya," kata dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI Lampung terus jaga stabilitas harga pangan jelang Lebaran