Damkar Lampung Selatan evakuasi pohon tumbang tutupi jalan lintas Sumatera

id Lampung Selatan ,Damkarmat ,Evakuasi pohon tumbang

Damkar Lampung Selatan evakuasi pohon tumbang tutupi jalan lintas Sumatera

Suasana saat petugas melakukan pembersihan pohon tumbang yang menutupi jalan lintas Sumatera di Lampung Selatan. ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan mengevakuasi pohon tumbang yang  menutup jalan lintas Sumatera tepatnya di Kecamatan Kalianda, pada Senin Siang.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, pohon tumbang tersebut mengakibatkan kemacetan terjadi sejak pukul 11.30 WIB.

Petugas dibantu masyarakat sekitar dan pengendara yang akan melintasi membersihkan pohon yang tumbang akibat angin kencang.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah di Kalianda, Senin, mengatakan pihaknya menerjunkan tujuh personel dalam mengevakuasi pohon tumbang di Lampung Selatan.

"Petugas dibantu warga telah berhasil melaksanakan evakuasi pohon tumbang di jalan lintas Sumatera tepatnya di depan Kodim, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, dengan menerjunkan sebanyak tujuh personel," kata dia.

Ia mengatakan batang pohon tersebut menutupi badan jalan hingga mengakibatkan jalur tersebut sempat terhambat.

Proses evakuasi pohon tumbang tersebut, lanjutnya, berjalan lancar dan setelah petugas membersihkan jalan dari sisa ranting pohon, arus lalu lintas kembali normal.

Rully menjelaskan kronologi peristiwa pohon tumbang tersebut bermula pada saat seorang warga setempat melaporkan adanya pohon tumbang akibat angin yang cukup kencang.

"Evakuasi berjalan kurang lebih 20 menit, dimana tim tiba di lokasi pukul 11.40 WIB dan berhasil menyingkirkan pohon dan arus lalu lintas kembali normal pukul 12.00 WIB," ujarnya.