Gubernur Lampung minta renang harus hasilkan atlet berprestasi

id Kejuaraan renang Lampung, cabor renang Lampung, piala gubernur lampung

Gubernur Lampung minta renang harus hasilkan atlet berprestasi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberikan medali kepada juara lomba renang Piala Gubernur Lampung. di Bandarlampung, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/HO-M.Yusuf Moreno)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta cabang olahraga renang dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi  melalui gelaran kejuaraan renang Piala Gubernur Lampung.
 
"Kejuaraan renang yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan cabang olahraga renang di sini. Harapannya cabang olahraga ini bisa menghasilkan atlet-atlet renang berprestasi secara nasional hingga internasional," ujar Arinal Djunaidi berdasarkan keterangan di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia pun mengapresiasi keikutsertaan sebanyak 1.378 orang atlet renang yang berasal dari masyarakat umum hingga klub renang se-Sumatera.
 
"Melalui kejuaraan renang ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan prestasi olahraga renang di Lampung," katanya.
 
Dia menjelaskan dengan adanya kegiatan tersebut pun dapat menjadi ajang pembinaan sekaligus peningkatan prestasi atlet renang. Sehingga bisa menghasilkan bibit atlet renang baru sejak dini.
 
"Semua harus terus mengasah kemampuan, agar cabang olahraga renang ini bisa terus berprestasi mengharumkan nama Lampung. Nanti akan ada upaya memfasilitasi para atlet juga melalui pembangunan sport center di lahan 170 hektare di sana juga akan ada fasilitas kolam renang berskala internasional yang bisa mendukung para atlet," ucap dia.
 
Menurut dia, dengan adanya peserta kejuaraan yang berasal dari berbagai provinsi sekitar diharapkan atlet renang asal Lampung dapat mengasah kemampuan dengan tetap menjunjung nilai sportivitas.
 
"Raih prestasi dengan perjuangan yang tinggi demi berjayanya olahraga renang di Lampung, dan junjung nilai sportifitas," tambahnya.
 
Dalam kejuaraan renang tersebut telah didapatkan hasil akhir dimana untuk gaya bebas putra 400 meter dengan kelompok umur 14-15 tahun juara pertama di raih oleh M Rafi Wardhana, juara dua oleh El Fathi Akbar, dan juara ketiga oleh M Faidin Cakrawala.

Baca juga: Akuatik Indonesia Lampung gelar perlombaan piala gubernur