Kim Woo-min sabet gelar juara dunia renang gaya bebas 400m putra di Doha

id Renang, Kejuaran dunia renang,Kim Woo-min,Paul Biedermann

Kim Woo-min sabet gelar juara dunia renang gaya bebas 400m putra di Doha

Perenang Korea Selatan Kim Woo-min menyabet medali emas renang 400m gaya bebas putra dalam World Aquatics Championships 2024 di Aspire Dome, Doha, Qatar, pada 11 Februari 2024. (AFP/SEBASTIEN BOZON)

Jakarta (ANTARA) - Perenang Korea Selatan Kim Woo-min menyabet medali emas gaya bebas 400m putra dalam kejuaraan renang dunia di Doha pada Minggu.

Kim membukukan waktu 3 menit 42,71 detik untuk mengungguli atlet Australia yang juara dunia 2023, Elijah Winnington, sedangkan perenang Jerman Lukas Martens menempati posisi ketiga.

AFP melaporkan pada Senin bahwa perenang berusia 22 tahun itu berada di jalur memecahkan rekor dunia yang dipegang Paul Biedermann saat memasuki 100m terakhir.

Namun dia tak berhasil mempertahankan kecepatannya sehingga finis dua detik lebih lambat dari pemegang rekor dunia asal Jerman itu yang menciptakan rekornya pada 2009.

Perenang Tunisia yang menjadi juara Olimpiade, Ahmed Hafnaoui,secara mengejutkan tersisih pada babak penyisihan ini dengan hanya menempati peringkat ke-17 sehingga kehilangan tempat dalam babak final.

Sementara itu, perenang Selandia Baru Erika Fairweather menjadi kampiun pada gaya bebas 400m putri dengan menyabet medali emas pada nomor ini.

Dia menyentuh dinding kolam renang dua detik lebih cepat dibandingkan perenang China Li Bingjie yang memperoleh medali emas, dan atlet Jerman Isabel Gose yang harus puas dengan medali perunggu.