Akuatik Indonesia Lampung gelar perlombaan piala gubernur

id umar wardoyo,akuatik lampung, kolam renang pahoman,renang

Akuatik Indonesia Lampung gelar perlombaan piala gubernur

Pelatih renang Lampung Umar Wardoyo saat memberikan instruksi dan teknik berenang kepada atletnya saat latihan di Kolam Renang Pahoman, Bandarlampung, Minggu (21/1/24) (ANTARA/HO-M.Yusuf Moreno)

Bandarlampung (ANTARA) - Pengurus Akuatik Indonesia Lampung menggelar kejuaraan renang antarperkumpulan dan pelajar se-Sumatera dan kejuaraan renang antarpelajar se-Provinsi Lampung memperebutkan Piala Gubernur Lampung yang diselenggarakan di Kolam Renang Pahoman, Bandarlampung.

Ketua Umum Akuatik Indonesia Lampung  Ade Utami Ibnu, di Bandarlampung, Senin mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 1 hingga 3  Maret mendatang bertajuk  Invitasi Renang Lampung 2024,  merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan semua dalam membangun budaya olahraga.

Kejuaraan renang ini merupakan salah satu cara untuk membina mental dan jasmani, sehingga generasi muda dapat berkembang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang cerdas, kuat, dan berilmu pengetahuan serta mempunyai akhlak mulia yang secara aktif terlibat dalam kegiatan yang positif.

Melalui kejuaraan ini, diharapkan timbul jiwa kebersamaan persaudaraan dan persaingan yang adil di antara atlet sehingga akan tercipta bibit-bibit atlet yang handal.

"Saya mengajak untuk semua pimpinan lembaga, instansi, kepala daerah tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan pihak swasta untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan harapan, bahwa kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik, sukses dan lancar," harapnya, dalam keterangan tertulisnya.

Sekretaris panitia penyelenggara Umar Wardoyo--yang juga pelatih renang Lampung mendampingi ketua panitia Windu Djassoeli mengatakan, perlombaan tersebut dilaksanakan di Kolam Renang Pahoman selama tiga hari yakni Jumat, Sabtu dan Minggu, dengan seksi perlombaan pagi dan sore.

War, sapaan Umar Wardoyo menjelaskan, persyaratan peserta antara lain, peserta adalah atlet yang terdaftar di perkumpulan renang dan pelajar Se-Sumatera; kategori Fun Swimming merupakan Pelajar Se-Sumatera; kategori Swimming Championship merupakan anggota perkumpulan yang terdaftar pada Akuatik Indonesia Se-Sumatera; atlet dengan status unattached diperbolehkan untuk mengikuti perlombaan (Catatan waktu diambil, tetapi tidak diakui sebagai juara); atlet dari luar Sumatra diperbolehkan untuk mengikuti perlombaan dengan status sparing (Catatan waktu diambil, tetapi tidak diakui sebagai juara).

Untuk pengelompokan umur dibagi dua yaitu Kategori Swimming Championship terdiri atas  KU I : 16 – 18 Tahun, kelahiran 1 Januari 2006 – 31 Desember 2008; KU II : 14 – 15 Tahun, kelahiran 1 Januari 2009 – 31 Desember 2010; KU III : 12 – 13 Tahun, kelahiran 1 Januari 2011 – 31 Desember 2012; KU IV : 10 – 11 Tahun, kelahiran 1 Januari 2013 – 31 Desember 2014;  serta  KU V : 9 Tahun ke bawah, kelahiran 1 Januari 2015 dan setelahnya.

Kemudian,  Kategori Fun Swimming terdiri atas SMA Kelas 10 – Kelas 12, SMP Kelas 7 – Kelas 9, SD Kelas 5 – Kelas 6, SD Kelas 3 – Kelas 4 dan SD Kelas 1 – Kelas 2.

"Pendaftaran diwajibkan untuk mengisi formulir A3 yang ditentukan oleh panitia secara lengkap. Formulir A3 yang digunakan dapat diunduh pada tautan: https://bit.ly/FormA3-IRL," kata dia.

Pendaftaran peserta wajib dilakukan oleh sekolah/ perkumpulan renang dan melampirkan contact person (Nomor HP yang dapat dihubungi) pada formulir A3.  Formulir yang telah di isi, wajib dikirimkan ke invitasirenanglampung@gmail.com
dengan format file Microsoft Excel (.xlsx) dengan ketentuan nama: (NamaSekolah/NamaPerkumpulan_Kategori.xlsx).
Contoh:
SMAN2_Fun Swimming.xlsx
SwimmingClub_Swimming Championship.xlsx;

"Pendaftaran dibuka pada tanggal 9 Januari 2024 dan ditutup pada 9 Februari 2024 pukul 23.59 WIB. Setelah waktu tersebut, pendaftaran tidak dapat dibuka kembali dan peserta hanya dapat melakukan pencoretan nomor perlombaan pada saat pertemuan teknik," kata dia.