Survei LSI sebut 66,5 persen pemilih di Jabar 7 bisa dipengaruhi politik uang

id Politik uang, money politic, pemilu

Survei LSI sebut 66,5 persen pemilih di Jabar 7 bisa dipengaruhi politik uang

Ilustrasi pencoblosan. (ANTARA/Umarul Faruq/dok)

Kaitan politik uang ini adalah hasil survei terbaru pada 12-22 Januari 2024, katanya
Karawang (ANTARA) - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan 66,5 persen masyarakat di wilayah DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 7 dapat dipengaruhi politik uang dalam menentukan pilihannya pada saat pemilu.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, di Kabupaten Karawang, Senin, mengatakan 40,8 persen masyarakat menjawab politik uang cukup berpengaruh dalam menentukan pilihan pada pemilu dan 25,7 persen menjawab itu sangat berpengaruh.

Sedangkan masyarakat yang menjawab kurang berpengaruh sebanyak 15,0 persen dan hanya 16,8 persen yang menjawab sama sekali tidak berpengaruh. Sementara sisanya 1,7 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

"Kaitan politik uang ini adalah hasil survei terbaru pada 12-22 Januari 2024," katanya.

Metode survei menggunakan metode standar multistage random sampling dan melalui wawancara tatap muka dengan jumlah responden 600 orang serta margin of error 4,1 persen.

Hasil survei LSI Denny JA juga mengungkap 60,7 persen masyarakat di wilayah DPR RI Dapil Jawa Barat 7 yang meliputi Karawang, Bekasi dan Purwakarta menganggap kalau praktik politik uang pada saat pemilu adalah hal yang wajar.

Hal lainnya, kata Toto, saat ini 75,8 persen masyarakat menilai kalau di lingkungan tempat tinggal mereka, pemberian uang atau materi lainnya seperti sembako, mempengaruhi pilihan masyarakat saat pemilu.

Meski begitu, ia mengatakan kalau praktik politik uang biasanya dilakukan pada pemilihan legislatif tingkat lokal, seperti tingkat kabupaten/kota dan Jawa Barat.

Hal itu berkaitan dengan cakupan daerah pemilihan yang tidak terlalu luas, jika dibandingkan dengan daerah pemilihan untuk legislatif pusat.