Disparekraf Lampung tegaskan keselamatan wisatawan jadi prioritas

id Pariwisata Lampung, keselamatan wisatawan, wisata Lampung, puncak musim hujan

Disparekraf Lampung tegaskan keselamatan wisatawan jadi prioritas

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan saat memberi keterangan terkait perkembangan wisata Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Kami sudah memberikan surat edaran mengenai pengawasan sekaligus menjaga keselamatan wisatawan di tempat wisata dengan kelompok sadar wisata, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung menyatakan keselamatan wisatawan dalam berwisata di puncak musim hujan menjadi prioritas pemerintah daerah.
 
"Berbagai macam hal yang mengancam keselamatan dan keamanan turis di tempat wisata tentu menjadi prioritas. Karena ketika keselamatan serta keamanan terjaga maka kenyamanan akan terbentuk, baru kita penuhi dengan baik hal-hal lainnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan di Bandarlampung, Senin.
 
Menurut dia, pengawasan terhadap keselamatan wisatawan yang berwisata ke destinasi wisata terutama di puncak musim penghujan akan terus dilakukan dengan berkolaborasi bersama pihak terkait.
 
"Kami sudah memberikan surat edaran mengenai pengawasan sekaligus menjaga keselamatan wisatawan di tempat wisata dengan kelompok sadar wisata, pengelola dan berbagai pihak untuk ikut serta melakukan pengawasan," ucapnya.
 
Ia melanjutkan, dengan adanya kondisi curah hujan yang tinggi masyarakat pun diimbau untuk lebih berhati-hati saat berlibur di tempat wisata.
 
"Di Lampung ini banyak tempat wisata bahari, jadi kami imbau untuk wisatawan agar tetap berhati-hati, lalu mohon kerja samanya bila ada yang memiliki riwayat penyakit khusus agar melapor kepada pengelola tempat wisata sehingga menghindari kejadian yang tidak diinginkan," ucapnya.
 
Dia mengatakan dalam menjaga keselamatan para wisatawan di puncak musim penghujan telah dilakukan kerja sama dalam melakukan pengawasan dengan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) atau yang dikenal sebagai life guard.
 
"Harapannya tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, dan semua wisatawan yang berlibur di berbagai destinasi wisata di Lampung tetap terjaga keselamatan sekaligus kenyamanannya," kata Bobby.
 
Diketahui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia.
 
Hujan lebat tersebut diprakirakan terjadi di Provinsi Lampung, Aceh, Bangka Belitung, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.
 
Lalu Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.