Basarnas temukan 13 pendaki tersesat di Gunung Pangrango Bogor

id basarnas,gunung pangrango,pendaki tersesat,bpbd bogor,pendaki pangrango

Basarnas temukan 13 pendaki tersesat di Gunung Pangrango Bogor

Ilustrasi: Pintu pendakian Gunung Gede Pangrango melalui Kebun Raya Cibodas, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

Jakarta (ANTARA) - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menemukan 13 pendaki dalam kondisi selamat, yang dilaporkan tersesat di Gunung Pangrango, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Kepala Kantor SAR Jakarta Desiana Kartika Bahari dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Senin, mengatakan tim Basarnas bergerak sejak dini hari untuk menemukan para pendaki.

"Semua penyintas sudah ditemukan di Blok Pasir Pogoe, Cibedug, Kabupaten Bogor," ujar Desiana.

Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi dengan unsur yang sudah di lokasi pada pukul 01.15 WIB.

Ia menceritakan tim SAR gabungan melakukan pencarian ke arah curug dengan menyusuri jalan setapak, namun nihil hingga pukul 05.00 WIB.

Kemudian operasi pencarian terbagi menjadi tiga kawasan pencarian, dengan pendakian via jalur Cibeduk ke arah puncak Pangrango, pendakian via jalur Salabintana ke arah puncak Pangrango, dan pendakian via jalur Cibodas ke arah puncak Pangrango, hingga akhirnya para pendaki ditemukan dalam kondisi baik.

Sejumlah unsur pencarian dan pertolongan dilibatkan yakni Tim Rescue SAR Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Bogor Sektor Ciawi, Polsek Ciawi, Ranger Taman Nasional Gunung Pangrango, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bogor, dan unsur masyarakat sekitar.

Pencarian menggunakan rescue car, alat mountaineering, dan peralatan jungle rescue.