Piala Asia: Uzbekistan kalahan India 3-0

id piala asia 2023,india,uzbekistan

Piala Asia: Uzbekistan kalahan India 3-0

Para pemain Uzbekistan merayakan gol yang tercipta ke gawang India pada pertandingan Grup B Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Kamis (18/1/2024). (ANTARA/AFP/KARIM JAAFAR)

Tambahan tiga poin membawa Uzbekistan memantapkan posisinya untuk mendampingi Australia lolos dari Grup B

Jakarta (ANTARA) - Uzbekistan memberikan kekalahan beruntun kedua bagi India di Piala Asia 2023 pada Kamis, saat mereka menang 3-0, di Stadion Al Rayyan, Kamis.

Tambahan tiga poin membawa Uzbekistan memantapkan posisinya untuk mendampingi Australia lolos dari Grup B, dengan satu putaran pertandingan lagi yang harus mereka mainkan.

Uzbekistan memiliki empat poin dari dua pertandingan untuk menduduki posisi kedua, sedangkan India terpuruk di posisi keempat, demikian catatan laman resmi Piala Asia.

Baca juga: Rafael Struick optimistis Indonesia raih tiga poin kontra Vietnam

Uzbekistan memecah kebuntuan pada menit kelima di Doha, melalui tandukan Abbosbek Fayzullaev. Pemain sayap 20 tahun yang bermain untuk CSKA Moscow itu meneruskan sundulan Otabek Shukurov.

Pertahanan India kembali runtuh pada menit ke-18. Upaya Sandesh Jhingan menyapu bola membuat bola mengenai mistar gawangnya sendiri, untuk kemudian disambar Igor Sergeev menjadi gol kedua Uzbekistan.

India sempat berusaha memberikan perlawanan, namun mereka hanya mampu mengirimkan umpan-umpan silang yang relatif tidak berbahaya.

Baca juga: Piala Asia: Palestina vs Uni Emirat Arab berakhir 1-1

Harapan India untuk dapat bangkit semakin hancur pada akhir babak pertama. Sherzod Nasrullaev mengeksploitasi pertahanan rapuh India untuk mengemas gol ketiga Uzbekistan pada menit ke-45+4.

Uzbekistan mengendurkan tekanan pada babak kedua, yang membuat India berulang kali memberi umpan kepada Sunil Chhetri. Sayangnya sang penyerang veteran tidak mampu berbuat banyak dan harus digantikan saat pertandingan menyisakan 20 menit.

Pada pertandingan terakhir di Grup A, Suriah akan bertemu India pada Selasa (23/1), sedangkan Australia bermain melawan Uzbekistan pada saat yang sama.