RS Abdul Moeloek tambah empat fasilitas pelayanan melalui dana BLUD

id RSUDAM Lampung, pembangunan gedung pelayanan baru, BLUD RSUDAM

RS Abdul Moeloek tambah empat fasilitas pelayanan melalui dana BLUD

Direktur RSUDAM Lampung dr Lukman Pura saat memberi sambutan dalam peresmian gedung pelayanan di RSUDAM. Bandarlampung, Rabu (27/12/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Dengan adanya hal ini maka melalui anggaran BLUD telah ditambah sebanyak empat gedung pelayanan baru dan mengeluarkan merek air mineral yang dikelola oleh rumah sakit, ucapnya
Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) menambah empat fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit pengampu utama regional tersebut melalui penggunaan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Pembenahan dan pembangunan secara berkesinambungan terus dilakukan pemerintah dan RSUDAM beberapa tahun terakhir, ini merupakan kebijakan strategis dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebagai wujud komitmen pelaksanaan transformasi kesehatan," ujar Direktur RSUDAM Lampung dr Lukman Pura di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan dengan adanya penerapan BLUD maka tata kelola RSUDAM akan dilakukan secara mandiri dimana menggabungkan sisi bisnis dan pelayanan sosial kepada masyarakat.

"Dengan adanya hal ini maka melalui anggaran BLUD telah ditambah sebanyak empat gedung pelayanan baru dan mengeluarkan merek air mineral yang dikelola oleh rumah sakit," ucapnya.

Dia merinci pembangunan empat gedung utama itu meliputi pembangunan gedung pelayanan penyakit infeksi new emerging dan re-emerging merupakan tempat pelayanan atas adanya penyakit yang disebabkan oleh munculnya organisme baru yang secara darurat menyerang sangat cepat populasi di masyarakat.

Gedung tersebut berkapasitas 18 tempat tidur dan berfungsi untuk mengantisipasi kondisi pandemi yang akan datang, sebab Lampung adalah daerah perlintasan dan penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera.

"Lalu gedung perawatan kelas satu yang terbagi dalam dua lantai dibangun untuk memenuhi permintaan masyarakat akan pelayanan kelas satu. Pelayanan ini ditujukan untuk masyarakat umum dan peserta jaminan asuransi maupun BPJS kelas satu yang cukup banyak pesertanya di Lampung," katanya.

Kemudian ada kegiatan revitalisasi dan perluasan gedung instalasi gizi dari satu lantai menjadi dua lantai untuk meningkatkan kapasitas pelayanan bagi pasien, termasuk sebagai lokasi konsultasi gizi dan hidup sehat.

"Untuk pembangunan fasilitas lainnya yang menggunakan anggaran BLUD adalah gedung komersial atau mal RSUDAM. Ini berfungsi sebagai tempat belanja modern, kuliner, apotek, optik, dan tempat bermain anak," tambahnya.

Selanjutnya di mal RSUDAM juga akan dilengkapi pusat kebugaran, pemeriksaan kesehatan, dan klinik kecantikan.

"Ini semua dilakukan untuk memberikan citra positif kepada RSUDAM, jadi tidak hanya sebagai tempat untuk orang sakit tapi bisa untuk orang yang sehat pula," ucapnya.