TP-PKK Lampung Barat beri bantuan 100 balita cegah stunting

id Lampung Barat ,Stunting ,TP-PKK

TP-PKK Lampung Barat beri bantuan 100 balita cegah stunting

Suasana saat Ketua TP-PKK Lampung Barat Zelda Naturi Nukman memberikan sosialisasi dan bantuan sosial kepada sejumlah balita. ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat

Lampung Barat (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat menggelar sosialisasi dan pembinaan kepada kader serta memberikan paket bantuan sosial ke-100 balita dalam menekan angka stunting di wilayah tersebut.

Ketua TP-PKK Lampung Barat Zelda Naturi Nukman, dalam keterangannya, di Liwa, Senin, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk keseriusan TP-PKK dalam menekan angka stunting.

Ia mengatakan, tidak hanya melakukan sosialisasi, pihaknya juga melakukan penyerahan bantuan paket sunting berupa kacang hijau, abon, boks makanan tambahan bergizi seimbang, bibit cabai dan bibit terong, benih ikan nila.

"Bantuan yang diperuntukkan untuk 100 balita tersebut kami serahkan langsung kepada peratin dan perwakilan tiga balita stunting yang ada di Kebun Tebu," katanya pula.

Dia menyampaikan pula tujuan dilakukannya sosialisasi dan pembinaan terhadap PPK kecamatan itu untuk menekan dan mempercepat penurunan angka stunting di wilayah itu.

"Tujuan dilakukannya kegiatan ini sebagai salah satu langkah menekan angka stunting khususnya di Lampung Barat, dan dalam hal ini kami lakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap PKK kecamatan bukan tanpa alasan," ujarnya lagi.

Menurut Zelda Naturi Nukman, PKK merupakan salah satu mitra pemerintah yang berperan penting terhadap menekan angka stunting, sebab dikatakannya PKK tingkat kecamatan hingga pekon merupakan ujung tombak bagi kesehatan balita.

"PKK kecamatan dan pekon (desa) ini merupakan ujung tombak terhadap kesehatan balita di Lampung Barat sebab mereka yang bersentuhan langsung di lapangan, saya sangat berharap kita sama-sama dapat menjalin sinergi guna menurunkan angka stunting, karena stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas sumber daya manusia," ujar dia.

Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan psikis serangan penyakit.

Meskipun berdasarkan data Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) dalam penurunan stunting sudah cukup baik, akan tetapi kata Zelda masih dibutuhkan kerja keras dari seluruh pihak untuk mewujudkan Lampung Barat bebas stunting.

"Hal itulah yang melatarbelakangi kunjungan kerja Tim Penggerak PKK kabupaten pada hari ini yang dilaksanakan bersinergi dengan beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat," ujarnya lagi.

Sosialisasi dan pembinaan dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Barat Zelda Naturi Nukman didampingi jajaran dan turut dihadiri Camat Kebun Tebu Ernawati, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMD), peratin se-Kecamatan Kebun Tebu dan ketua TP-PKK beserta anggota Kecamatan Kebun Tebu.