Prodi Teknik Biomedis Itera laksanakan Dies Natalis ke-4

id lampung, itera, kampus, perguruan tinggi, institut, sumatera

Prodi Teknik Biomedis Itera laksanakan Dies Natalis ke-4

Prodi Teknik Biomedis Iter laksanakan Dies Natalis ke-4. ANTARA/HO-Itera

Kami sebagai program studi yang tergolong masih baru, akan terus belajar.....

Bandarlampung (ANTARA) - Program Studi (Prodi) Teknik Biomedis Institut Teknologi Sumatera (Itera) merayakan Dies Natalis ke-4 pada Senin, 11 September 2023.

Dengan mengusung tema "Innovations in Biomedical Engineering Shaping the Future of Healthcare", Prodi Teknik Biomedis menggelar Dies Natalis ke-4 dengan melakukan penandatanganan kesepakatan MoU dan PKS dengan berbagai lembaga, seperti Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati, Rumah Sakit Bintang Amin, Universitas Abulyatama, Pusat Riset Biomedis BRIN, dan PT Gerlink Utama Mandiri.

Ketua Program Studi Teknik Biomedis Itera Rudi Setiawan mengatakan pilihan untuk bekerjasama dengan berbagai macam lembaga terkemuka bertujuan untuk mengukuhkan posisi Itera dalam pengembangan teknologi biomedis di Indonesia. Dengan langkah tersebut dapat menjadikan Prodi Teknik Biomedis Itera menjadi referensi ilmu Biomedis di Indonesia.

"Kami sebagai program studi yang tergolong masih baru, akan terus belajar untuk mengembangkan serta menyumbangkan sumber daya manusia yang tinggi," ujar Rudi Setiawan.

Rektor Itera Prof I Nyoman Pugeg Aryantha mengharapkan Itera dapat menyumbang sumber daya manusia (SDM) yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan negeri Indonesia.

"Agar kemudian, dapat berkompetisi dengan nasional maupun Internasional, serta menjadi peneliti-peneliti agen perubahan," ujar Prof I Nyoman Pugeg.

Rangkaian kegiatan dalam acara Dies Natalies ke-4, yaitu upacara pembukaan resmi, penampilan Tari Sigeh Pengunten, potong tumpeng oleh para tamu, penandatanganan MoU Tridharma Perguruan Tinggi oleh Rektor Universitas Malahayati, Rektor Universitas Abulyatama, Direktur RS Bintang Amin, dan perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta seminar dan diskusi panel yang menghadirkan narasumber di bidang teknologi biomedis untuk berbagi pandangan, penemuan terbaru, dan tren terkini dalam pengembangan perangkat medis.

Jalinan MoU ditandai dengan penyerahan peralatan biomedis secara simbolis berupa Ventilator ICU dan beberapa Voucher Medical Check Up dari Rumah Sakit Bintang Amin.

Acara Dies Natalies Prodi Teknik Biomedis X HMBM ini dihadiri oleh tamu undangan, yaitu Rektor Itera, Direktur RS Bintang Amin, perwakilan Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan Republik Indonesia Kemenkes, dan para tamu undangan lainnya.

Para peserta acara Dies Natalies ke-4  terdiri dari akademisi, profesional kesehatan, mahasiswa, dan para pemangku kepentingan lainnya dalam dunia kesehatan.

Acara ini diharapkan akan menjadi forum yang bermanfaat untuk berbagi pengetahuan, memperluas jaringan, serta mendorong kerja sama antara berbagai pihak terkait.
Baca juga: Prodi Teknik Elektro Itera gelar lomba roket air antar-SMA di Lampung
Baca juga: Seminar Nasional Prodi Farmasi Itera kupas permasalahan stunting di Indonesia