Komoditas cabai dan bawang di Bandarlampung alami fluktuasi harga

id harga bawang merah, bawang putih,cabai merah, cabai rawit, pasar koga

Komoditas cabai dan bawang di Bandarlampung alami fluktuasi harga

Pedagang bawang di Pasar Koga Bandarlampung (Nurfat Amalia)

Bandarlampung (ANTARA) - Komoditas cabai dan bawang di pasar tradisional Bandarlampung mengalami perubahan atau fluktuasi harga.

Berdasarkan pantauan di Pasar Koga Bandarlampung, Senin, fluktuasi harga cabai dan bawang terjadi sejak sepekan lalu.

Harga cabai merah misalnya mengalami kenaikan sekitar Rp20.000 per kilogram yakni dari harga Rp20.000 per kg menjadi Rp40.000 per kg. 

Begitu pula harga cabai rawit yang mengalami penurunan sekitar Rp30.000 per kg yang sebelumnya Rp60.000 per kg menjadi Rp30.000 per kg. Namun harga cabai hijau masih stabil di Rp30.000 per kg.

Perubahan harga yang disebabkan oleh mekanisme pasar berupa kenaikan dan penurunan nilai harga itu diakui sejumlah pedagang di Pasar Koga Bandarlampung.

"Meski harga naik turun, tetapi pasokan tetap lancar," kata Dedi salah satu pedagang di Pasar Koga.

Selain harga cabai, harga bawang juga mulai merosot. Bawang merah yang awalnya Rp60.000 per kg menjadi Rp30.000 per kg, sedangkan bawang putih dan bawang bombai masih stabil.

Harga bawang putih masih stabil di kisaram Rp40.000 per kg, sedangkan untuk harga bawang bombai masih normal di Rp20.000 per kg.

“Harga bawang merah turun kalau bawang putih masih stabil mungkin karena pasokan banyak” ujar Sugiarti pedagang di Pasar Koga.

Pasokan bawang banyak membuat harga jual menurun, sedangkan daya beli masyarakat juga cukup banyak.