Seribuan orang ikut bersihkan Pantai Sukaraja Bandarlampung

id Lampung,Bandarlampung,Sampah Bandarlampung,Pantai Sukaraja,sampah pantai

Seribuan orang ikut bersihkan Pantai Sukaraja Bandarlampung

Seribuan orang ikut dalam kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Bandarlampung, Senin (10/7/2023). ANTARA/Dian Hadiyatna

Ini adalah bentuk kebersamaan kita, karena sudah menjadi tanggung jawab bersama.
Bandarlampung (ANTARA) - Seribuan orang dari berbagai elemen masyarakat ikut andil dalam kegiatan membersihkan Pantai Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Bandarlampung dari tumpukan sampah.

Pantauan ANTARA, Senin pagi, kegiatan bersih-bersih Pantai Sukaraja tersebut masih berlangsung hingga menjelang siang, dan masyarakat pun terus silih berganti datang dan pergi bergiliran membersihkan kawasan salah satu pantai di pesisir Bandarlampung yang selama ini dipenuhi sampah tersebut.

Warga berusia muda, tua, pekerja kantoran, pegawai dinas, TNI dan Polri, mahasiswa, organisasi masyarakat berbaur bersama warga sekitar bergotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang Pantai Sukaraja itu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai yang digagas oleh salah satu pemerhati lingkungan ini," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengungkapkan bahwa sebenarnya kegiatan bersih-bersih pantai di pesisir Bandarlampung sudah sering dilakukan dengan menggalakkan program gerebek sampah di sungai dan pantai bekerjasama dengan TNI.

"Tapi, memang sampah di pantai ini adalah kiriman dari daerah lain. Jadi dalam hari dan bulan tertentu sampah-sampah akan lari ke pesisir di sini," kata dia lagi.

Dia mengapresiasi masyarakat yang antusias dalam membantu membersihkan sampah yang menumpuk di pesisir Pantai Sukaraja ini, karena hal ini memang sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga kebersihan pantai.

"Ini adalah bentuk kebersamaan kita, karena sudah menjadi tanggung jawab bersama. Saya pun berharap Pemerintah Provinsi Lampung dapat bersama memikirkan permasalahan sampah di pesisir pantai kota ini," kata dia pula.

Salah satu warga Bandarlampung Tio Nugroho mengatakan bahwa kegiatan positif seperti ini memang harus sering dilakukan agar kebersihan pantai dapat terjaga.

"Tentunya kegiatan seperti tidak boleh berhenti di sini, serta kita juga harus sadar untuk tidak membuang limbah ke pantai atau sungai, karena akan berdampak pada ekosistem sekitar," kata dia pula.

Sebelumnya, viral di media sosial Tiktokers Pandawara menyoroti salah satu pantai yang berada di Kota Bandarlampung tepatnya di Jalan Ikan Selar, Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras itu.

Rencananya pembersihan sampah pantai yang disebut sebagai terkotor nomor dua di Indonesia oleh Pandawaragroup itu, akan dilakukan pada Senin (10/7) pukul 07:00 WIB dan mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi.

Ajakan itu terbukti efektif menggalang dukungan dan kepedulian berbagai pihak, termasuk kalangan pejabat, pihak kepolisian, TNI/Polri, warga masyarakat dan berbagai kalangan yang datang berbondong-bondong membaur ikut membersihkan sampah di Pantai Sukaraja ini.
Baca juga: Bandarlampung apresiasi pemerhati lingkungan bantu bersihkan sampah pantai
Baca juga: Personel gabungan Polresta-Sat Brimobda Lampung bersih-bersih sampah Pantai Sukaraja