Ini tiga calon Rektor Unsri yang diusulkan ke Mendikbudristek

id Calon Rektor Unsri, unsri, senat, rapat senat, pemilihan rektor unsri, calon rektor diuusulkan ke mendikbudristek, kemen

Ini tiga calon Rektor Unsri yang diusulkan ke Mendikbudristek

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri Joni EmirzonĀ  (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak tiga calon Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) yang ditetapkan dalam rapat senat tertutup di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (26/6), diusulkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri Joni Emirzon di Palembang, Selasa, mengatakan tiga calon rektor itu, yakni Taufiq Marwa (Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian, dan Keuangan Unsri), Ishaq Iskandar (Kepala LLDikti Wilayah II Palembang), Alfitri (Dekan FISIP).

Dia menjelaskan 75 di antara 78 anggota senat Unsri Palembang di bawah pimpinan Ketua Senat Unsri Subriyer Nasir melakukan rapat penetapan tiga calon rektor terbaik pengganti Aniss Saggaff yang akan mengakhiri masa tugasnya pada 24 September 2023.

Sebanyak empat bakal calon Rektor Unsri Palembang periode 2023-2027 memasuki proses penyaringan menjadi tiga calon yang akan berlanjut ke tahapan pemilihan

Keempat bakal calon rektor tersebut, yakni nomor urut 1 A. Muslim (Dekan Fakultas Pertanian), nomor urut 2 Alfitri (Dekan Fisip), nomor urut 3 Ishaq Iskandar (Kepala LLDikti Wilayah II Palembang), dan nomor urut 4 Taufiq Marwa (Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian, dan Keuangan Unsri).

Hasil pemilihan suara, tiga nama yang diajukan kepada Kemendikbudristek yakni Taufiq memperoleh 36 suara senat, Iskhaq Iskandar memperoleh 14 suara, Alfitri memperoleh 12 suara, sedangkan tereleminasi A. Muslimin memperoleh sembilan suara.

Sebelum ditetapkan menjadi calon rektor, mereka memaparkan visi, misi, dan program kerja yang secara umum mengupayakan Unsri berkelas dunia, mengawal transformasi BLU ke PTNBH, mengoptimalkan pemanfaatan aset, serta membuat layanan mahasiswa/akademik terpadu, dan menyederhanakan birokrasi.

Sebanyak tiga calon Rektor Unsri hasil keputusan rapat senat tertutup itu dilaporkan ke pihak Kemendikbudristek dan diumumkan ke publik untuk melalui proses rekam jejak pada 27 Juni-27 Juli 2023.

Hasil rekam jejak ketiga calon rektor tersebut menjadi pertimbangan pengambilan keputusan dalam rapat senat tertutup bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim atau untuk mendapat dukungan suara mayoritas dari senat dan kementerian dalam pemilihan Rektor Unsri yang dijadwalkan 28 Juli-4 Agustus 2023.

Mengenai penetapan calon terpilih dan pelantikan Rektor Unsri periode 2023-2027, ditentukan kemudian oleh Mendikbudristek, kata Joni.